SELAMAT DATANG di blog "mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com", SEMOGA BERMANFAAT apa-apa yang kami tuliskan di sini ...,"Selamat Berkarya", Semoga Tuhan Merahmati Kehidupan Kita Dengan Kesehatan, Cinta Yang Mendamaikan, Rezeki Yang Penuh Berkah, Dalam Usia Yang Panjang Dan Bahagia. Aamiin. "

MODEL PENELITIAN PENDIDIKAN ISLAM


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah

Para ilmuwan banyak menaruh perhatian terhadap pendidikan Islam yang merupakan salah satu bidang studi Islam. Karena di dalam pendidikan Islam terdapat peran yang amat strategis dan berbagai masalah yang membutuhkan penanganan segera dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia.
Bagi mereka yang akan terjun di bidang pendidikan Islam harus memiliki wawasan yang cukup serta kemampuan untuk mengembangkannya sesuai dengan tuntutan zaman. Juga  harus memahami apa yang dimaksud dengan pendidikan Islam serta berbagai masalah yang terkait dengannya dan mengetahui berbagai model penelitian pendidikan Islam sebagai bahan perbandingan untuk melakukan konsep-konsep selanjutnya.
Berdasar hal tersebut di atas, maka penulisan makalah ini kami beri judul “Model Penelitian Pendidikan Islam

B.    Rumusan Masalah

Rumusan masalah dalam makalah ini adalah :
1.  Apa pendidikan Islam itu ?
2.  Apa saja aspek-aspek pendidikan Islam ?
3.  Apa saja model penelitian dalam ilmu pendidikan Islam ?

C.    Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah agar kita mengetahui :
1.  Pengertian pendidikan Islam.
2.  Aspek-aspek pendidikan Islam.
3.  Model penelitian dalam ilmu pendidikan Islam.


BAB II
MODEL PENELITIAN PENDIDIKAN ISLAM

A.     Pengertian Pendidikan Islam

Pendidikan dari segi bahasa berarti perbuatan (hal, cara) mendidik, pengetahuan tentang mendidik atau pemeliharaan (latihan-latihan) badan, batin dan sebagainya.
Sedangkan pendidikan dari segi istilah berarti____kita dapat merujuk dalam UU tentang sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 2 Th. 1989)___”Usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan pengajaran dan/ atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang”.
Selanjutnya, pengertian Islam berasal dari bahasa Arab “aslama, yuslimu, islaman”  yang berarti berserah diri, patuh dan tunduk. Maksudnya patuh tunduk (berserah diri) kepada Allah SWT untuk mencapai keselamatan.
Islam menjadi nama bagi suatu agama yang ajaran-ajarannya diwahyukan Tuhan melalui Nabi Muhammad SAW sebagai rasul. Juga, Islam memiliki ciri ajaran tauhid dan persatuan, memuliakan manusia, menghargai akal dan ilmu, memberikan kebebasan, keadilan, kemerdekaan, persaudaraan, mendorong terciptanya akhlak yang mulia dan mengutamakan toleransi.
Kemudian, jika kata pendidikan dan Islam disatukan menjadi Pendidikan Islam, maka yang dimaksud adalah upaya membimbing, mengarahkan dan membina peserta didik yang dilakukan secara sadar dan terencana agar terbina suatu kepribadian yang utama sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam.

B.    Aspek-aspek pendidikan Islam

Aspek pendidikan Islam dapat dilihat dari segi :
1.  Materi didikannya yaitu pendidikan fisik, akal, agama (akidah dan syariah), akhlak, kejiwaan, rasa keindahan dan sosial kemasyarakatan.
Pendapat lain mengatakan, materi pendidikan Islam itu pada prinsipnya ada dua, yaitu materi didikan yang berkenaan dengan masalah keduniaan dan materi didikan yang berkenaan dengan masalah keakhiratan, dengan dasar kandungan Islam yang mengajarkan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

2.    Sejarah atau periodenya, yaitu :

a.     Periode pembinaan Islam yang berlangsung selama kurang lebih 23 tahun, yaitu sejak nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama kali tanggal 17 Ramadhan (6 Agustus 610 M)  sampai wafatnya tanggal 12 Rabiul Awwal tahun 11 Hadits (8 Juni 832 M).

b. Periode pertumbuhan pendidikan Islam yang berlangsung sejak nabi Muhammad SAW wafat sampai masa akhir bani Umayyah yang diwarnai berkembangnya ilmu-ilmu naqliyah.

c. Periode kejayaan (puncak perkembangan) pendidikan Islam yang berlangsung sejak permulaan daulat Abbasiyyah sampai dengan jatuhnya Bagdad, yang diwarnai berkembangnya ilmu-ilmu aqliyah dan timbulnya madrasah, serta memuncaknya perkembangan kebudayaan Islam.

d.     Periode kemunduran pendidikan Islam, yaitu sejak jatuhnya Bagdad sampai jatuhnya Mesir ke tangan Napoleon, yang ditandai dengan runtuhnya sendi-sendi kebudayaan Islam dan berpindahnya pusat-pusat pengembangan kebudayaan ke dunia Barat.

e.   Periode pembahasan pendidikan Islam yang berlangsung sejak pendudukan Mesir oleh Napoleon sampai masa kini, yang ditandai dengan gejala-gejala kebangkitan kembali umat dan kebudayaan Islam.

3.  Kelembagaannya, yaitu pendidikan yang dilaksanakan di rumah, masjid, pesantren dan madrasah dengan berbagai corak dan pendekatannya. Atau dapat dibagi lagi menurut periodesasinya yaitu lembaga pendidikan Islam zaman Rasulullah SAW, lembaga Umayyah, zaman Abbasiyyah dan Andalusia.
4.  Sistem yaitu suatu kegiatan yang di dalamnya mengandung aspek tujuan, kurikulum, guru (pelaksana pendidikan), metode, pendekatan, sarana prasarana, lingkungan, administrasi dan sebagainya, yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan dan membentuk suatu sistem yang terpadu.
5.  Filsafat yaitu ilmu yang membahas tentang kurikulum, tujuan pendidikan, lingkungan pendidikan, administrasi pendidikan dan sebagainya.

C.    Model Penelitian Ilmu Pendidikan Islam 

Dilihat dari segi objek kajiannya, ilmu pendidikan dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, pengetahuan ilmu, yaitu pengetahuan tentang hal-hal atau objek-objek yang empiris yang diperoleh dengan melakukan penelitian ilmiah dan teori-teorinya bersifat logis dan empiris. Pengujian teorinya diukur secara logis dan empiris. Jika logis dan empiris, teori ilmu ini benar. Kedua, pengetahuan filsafat, yaitu pengetahuan tentang objek-objek yang abstrak logis, diperleh dengan berfikir dan teori-teorinya bersifat logis dan tidak empiris. Kebenaran atau kesalahan teori ini hanya diukur dengan logika. Jika logis, dinilai benar, jika tidak logis maka salah. Ketiga, pengetahuan mistik, yaitu pengetahuan yang objek-objeknya tidak bersifat empiris dan tidak terjangkau oleh logika. Objek pengetahuan ini bersifat abstrak, supra logis, objek ini dapat diketahui melalui berbagai cara, misalnya dengan merasakan pengetahuan batin, dengan latihan-latihan dan cara lain.
Ringkasnya, pengetahuan (ilmu) pendidikan Islam terdiri dari pengetahuan filsafat pendidikan, tasawwuf (mistik) pendidikan dan ilmu pendidikan.
Dengan demikian, maka peta penelitian ilmu pendidikan Islam, mencakup penelitian terhadap pengetahuan filsafat pendidikan Islam, pengetahuan mistik pendidikan Islam dan ilmu pendidikan Islam.
Penelitian dalam kajian yang berdasarkan logika (filsafat) dan keyakinan (mistik) sudah banyak dilakukan ulama Islam. Misalnya Muhammad Al-Toumy Al-Syaibani, mengkhususkan pada kajian bidang filsafat pendidikan Islam, melalui karyanya yang berjudul Falsafah Al Tarbiyah Al Islamiyah yang diterjemahkan oleh Hasan Langgulung dengan judul Falsafah Pendidikan Islam, yang diterbitkan oleh Bulan Bintang, Jakarta tahun 1979.
Demikian pula Ahmad D. Marimba menulis buku berjudul Pengantar Filsafat Pendidikan Islam yang diterbitkan Al Ma’arif Bandung tahun 1980, cet. IV, Moh. Athiyat Al Abrasyi melalui bukunya Al-Tarbiyah Al Islamiyah (dasar-dasar pokok pendidikan Islam), Ali Khalil Abu Al ‘Ainain melalui bukunya Falsafah Al-Tarbiyah Al-Islamiyah.
Selanjutnya, kajian terhadap pengetahuan tasawuf (mistik) mengenai pendidikan antara lain dilakukan oleh Al Ghazali dalam kitabnya yang berjudul Ihya’ ‘Ulum Al Din. Pemikirannya tentang pendidikan telah diteliti oleh Fathiyah Hasan Fahmi dalam bukunya berjudul Sistem Pendidikan Versi Al-Ghazali, yang diterjemahkan oleh Fathur Rahman May dan Syamsuddin Asyradi dari judul Al-Madzabat Tarbawi Indal Ghazali, diterbitkan oleh Al Ma’arif, Bandung tahun 1986.
Adapun penelitian terhadap ilmu pendidikan yang bersifat empiris dinilai masih belum banyak dilakukan para pakar Islam. Penelitian ini akan menjadi modal bagi pengembangan ilmu pendidikan Islam.
Dari penelitian ilmu pendidikan Islam akan muncul teori yang disesuaikan dengan ajaran Islam yang disebut teori ilmu pendidikan Islam.
Teori-teori pendidikan Islam yang dapat dikembangkan dari hasil penelitian antara lain teori tentang pendidikan Islam pada masa pranatal, teori pendidikan Islam bagi anak di rumah tangga, teori pendidikan Islam bagi para remaja di rumah tangga dan sebagainya.
Teori-teori pendidikan Islam masing-masing jenjang tersebut dapat diperinci lebih lanjut. Untuk teori pendidikan anak di rumah tangga misalnya, dapat dibagi lagi menurut jenis rumah tangga sibuk, rumah tangga tidak sibuk, rumah tangga kelas bawah, rumah tangga kelas atas dan seterusnya.
Demikian pula teori-teori pendidikan Islam untuk pendidikan di masyarakat juga banyak variasinya yang dapat diteliti. Misalnya, penelitian tentang teori pendidikan di pesantren biasa, pesantren kilat, majlis taklim, khutbah, kursus dan lain sebagainya.
Penelitian ilmu pendidikan Islam dapat pula diarahkan pada aspek-aspek yang terkandung dalam pendidikan tersebut. Misalnya penelitian terhadap problema yang dihadapi guru, penelitian tentang cara memperbaiki tingkah laku guru dalam mengajar dan penelitian terhadap peranan kepala sekolah dalam memperlancar pendidikan.

BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan

Dari pembahasan Model Penelitian Pendidikan Islam, dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.  Pendidikan Islam adalah upaya membimbing, mengarahkan dan membina peserta didik yang dilakukan secara sadar dan terencana agar terbina suatu kepribadian yang utama sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam.
2.  Aspek-aspek pendidikan Islam dapat dilihat dari segi materi didikannya, sejarah atau periodenya, kelembagaannya, sistem dan filsafat.
3.  Model Penelitian Ilmu Pendidikan Islam mencakup penelitian terhadap pengetahuan filsafat pendidikan Islam, pengetahuan mistik pendidikan Islam dan ilmu pendidikan Islam.

B.    Saran

Hendaknya para pakar ilmu pendidikan Islam terus mencari, menggali dan mengasah ilmunya dengan melakukan berbagai penelitian terkait dengan ilmu pendidikan Islam  agar kemanfaatannya dapat dirasakan oleh semua.

Sumber : Metodologi Studi Islam
http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2013/02/model-penelitian-pendidikan-islam.html



MATERI TERKAIT:

Judul: MODEL PENELITIAN PENDIDIKAN ISLAM
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh : mas mahmud
Terima kasih, Anda telah berkunjung di blog ini dan membaca makalah MODEL PENELITIAN PENDIDIKAN ISLAM. Jika ingin menyalin harap ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri atau menyertakan link URL ini : http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2013/02/model-penelitian-pendidikan-islam.html, Terima kasih atas perhatiannya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger