SELAMAT DATANG di blog "mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com", SEMOGA BERMANFAAT apa-apa yang kami tuliskan di sini ...,"Selamat Berkarya", Semoga Tuhan Merahmati Kehidupan Kita Dengan Kesehatan, Cinta Yang Mendamaikan, Rezeki Yang Penuh Berkah, Dalam Usia Yang Panjang Dan Bahagia. Aamiin. "

KONSEP TA’DIB DALAM PENDIDIKAN ISLAM


A.     Pengertian Pendidikan Islam  Dalam Konsep Al Ta’dib

Islam sebagai agama dan sekaligus sebagai sistem peradaban mengisyaratkan pentingnya pendidikan. Isyarat ini dijelaskan dari berbagai muatan dalam konsep ajarannya. Salah satu diantaranya melalui pendekatan terminologis atau lebih jelasnya konsep pendidikan menurut pandangan Islam harus dirujuk dari berbagai aspek antara lain aspek keagamaan, aspek kesejahteraan, aspek kebahasaan, aspek ruang lingkup dan aspek tanggung jawab.[1]
Dalam aspek bahasa, pendidikan Islam berasal dari khazanah istilah bahasa Arab yang mana ada tiga istilah yaitu al ta’dib, al ta’lim dan al tarbiyah.

1.      Tinjauan Etimologi

Istilah ta’dib yang biasa diterjemahkan dengan “pelatihan” atau “pembiasaan”.
Ta’dib dalam kamus bahasa Arab berasal dari kata “addaba-ya’dubu” yang berarti melatih untuk berperilaku yang baik dan sopan santun.
أدب – أدبا- صنح مأدبة، [2]  
Yang berarti mengadakan pesta atau perjamuan yang berarti berbuat dan berperilaku sopan, berdasarkan hadis Rasulullah SAW
انّ هذا لقرآن مادبة الله فى الأرض فتعلموا من مأدبته[3]


2.      Tinjauan Terminologi

Menurut Nuqaib al Attas, istilah al ta’dib yang tepat digunakan untuk menggambarkan pengertian pendidikan, sementara istilah al tarbiyah terlalu luas. Menurutnya, berdasarkan sabda Nabi SAW :
 ادبنى ربّى فاحسن تأدبى [4]
Bahwasanya ia menghendaki bahwa pendidikan menurut Islam adalah usaha agar orang mengenali dan mengakui tempat-tempat Tuhan, sehingga membimbing ke arah pengenalan dan pengakuan kekuasaan dan keagungan Tuhan di dalam tatanan wujud dan keberadaan-Nya.[5]
Berangkat dari pemahaman makna istilah yang digunakan Islam tersebut terlihat adanya perbedaan, hingga memberi berbagai peluang bagi munculnya pengertian pendidikan. Padahal perbedaan itu hanya disebabkan dari perbedaan sudut pandang dan bukan perbedaan yang prinsip. Sebab bila pemahaman tersebut masing-masing dikembalikan kepada asalnya, maka semuanya menyatu kepada sumber dan prinsip yang sama, yaitu pendidikan Islam bersumber dari Allah SWT dan didasarkan pada prinsip ajaran-Nya.[6]
Pengertian dan ruang lingkup yang mendasari konsep pendidikan Islam secara garis besarnya, pendidikan itu menyangkut tiga faktor utama yaitu :

a.      Hakikat penciptaan manusia yaitu agar manusia menjadi pengabdi Allah SWT yang taat dan setia.
b.      Peran dan tanggung jawab manusia sejalan dengan statusnya selaku Abd-Allah, Al-Basyir, Al-Insan, Al-Nas, Bani Adam maupun Khalifah Allah.
c.      Tugas utama Rasul yaitu membentuk akhlak yang mulia serta memberi rahmat bagi seluruh alam (Rahmatan Lil ‘Alamin).

Ketiga faktor ini merupakan dasar berpijak bagi perumusan pendidikan secara umum. Dengan demikian pendidikan Islam dapat diartikan sebagai usaha pembinaan dan pengembangan potensi manusia secara optimal sesuai dengan statusnya dengan berpedoman kepada syariat Islam yang disampaikan Rasul SAW agar manusia dapat berperan sebagai pengabdi Allah SWT yang setia dengan segala aktivitas guna tercipta suatu kondisi kehidupan Islami yang ideal, selamat, aman, sejahtera dan berkualitas serta memperoleh jaminan (kesejahteraan) hidup di dunia dan jasmani bagi kehidupan yang baik di akhirat.

DAFTAR PUSTAKA

Basuki Dan Miftahul, Ulum. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Ponorogo : STAIN Ponorogo Press, 2007.
Jalaluddin. Teologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
Kamus Arab, Mu’jam Al Wasith.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2006.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001.
http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2013/04/konsep-tadib-dalam-pendidikan-islam.html



[1] Jalaluddin, Teologi Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001), 69.
[2] Kamus Arab, Mu’jam Al Wasith.
[3] Basuki Dan Miftahul Ulum, Pengantar Ilmu Pendidikan Islam (Ponorogo : STAIN Ponorogo Press, 2007), 2.
[4] Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2006), 17.
[5] Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001), 29.
[6] Jalaluddin, Teologi ..., 71.



MATERI TERKAIT:

Judul: KONSEP TA’DIB DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh : mas mahmud
Terima kasih, Anda telah berkunjung di blog ini dan membaca makalah KONSEP TA’DIB DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Jika ingin menyalin harap ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri atau menyertakan link URL ini : http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2013/04/konsep-tadib-dalam-pendidikan-islam.html, Terima kasih atas perhatiannya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger