SELAMAT DATANG di blog "mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com", SEMOGA BERMANFAAT apa-apa yang kami tuliskan di sini ...,"Selamat Berkarya", Semoga Tuhan Merahmati Kehidupan Kita Dengan Kesehatan, Cinta Yang Mendamaikan, Rezeki Yang Penuh Berkah, Dalam Usia Yang Panjang Dan Bahagia. Aamiin. "

RESUME MATERI PSIKOLOGI UMUM : METODE PSIKOLOGI


Psikologi sebagai ilmu yang berdiri sendiri, mempunyai metode untuk mendapatkan fakta, kesimpulan, dugaan, hipotesis, teori dan dalil-dalil baru untuk memajukan, mengembangkan atau mengadakan pengujian dan pembuktian.
Metode yang sering digunakan dalam psikologi antara lain :
1.  Metode observasi, yang meliputi introspeksi, introspeksi eksperimentil dan ekstrospeksi.
2.  Metode pengumpulan, yang meliputi angket, riwayat hidup dan pengumpulan bahan-bahan.
3.  Metode klinis.
4.  Metode eksperimental, yang meliputi eksperimen dan test.[1]

Keterangan :

1). Metode Observasi

Metode observasi yaitu metode untuk mempelajari gejala-gejala kejiwaan secara mengamati dengan sengaja, teliti dan sistematis.
Metode observasi meliputi :
a.  Introspeksi yaitu metode untuk mempelajari gejala-gejala kejiwaan dengan jalan meninjau gejala-gejala jiwa itu sendiri secara sengaja, teliti dan sistematis.
b.  Introspeksi eksperimentil yaitu introspeksi terhadap kejadian yang ditimbulkan dengan sengaja yaitu dengan mengadakan percobaan-percobaan (eksperimen).
c.   Ekstrospeksi yaitu metode untuk mempelajari gejala-gejala kejiwaan dengan jalan mempelajari peristiwa-peristiwa jiwa orang lain  dengan teliti  dan sistematis.

2). Metode Pengumpulan

Metode pengumpulan yaitu metode untuk menyelidiki gejala-gejala kejiwaan manusia  dengan cara mengumpulkan sebanyak-banyaknya kemudian membanding-bandingkannya dan mengambil kesimpulan-kesimpulan yang bersifat umum.

Metode Pengumpulan meliputi :

a.  Angket, yaitu penyelidikan yang dilakukan dengan memberikan daftar pertanyaan mengenai gejala-gejala kejiwaan yang ditujukan kepada jumlah besar manusia, sehingga berdasarkan jawaban yang diperolehnya dapat diketahui keadaan jiwa seseorang atau sekumpulan orang.

b.  Riwayat hidup, yaitu metode untuk menyelidiki gejala-gejala kejiwaan dengan jalan mengumpulkan riwayat hidup sebanyak-banyaknya baik yang ditulis sendiri maupun yang ditulis oleh orang lain.

c. Pengumpulan bahan-bahan, yaitu dengan mengumpulkan permainan-permainan, gambaran-gambaran, karangan-karangan dan sebagainya.


3). Metode Klinis.

Metode Klinis yaitu metode yang dipergunakan mula-mula di rumah sakit untuk mengobati penyakit yang juga berlaku untuk menyelidiki seseorang dengan jalan mengikuti orang yang diselidiki sambil mengemukakan pertanyaan-pertanyaan, tetapi selalu dijaga agar jalan pikiran orang yang diselidiki tidak terganggu, sehingga  dengan demikian dapat dipelajari kejiwaannya.

4). Metode Eksperimental

Metode Eksperimental yaitu dengan sengaja menimbulkan gejala-gejala kejiwaan untuk diselidiki.
Metode Eksperimental meliputi :

a.   Eksperimen, yaitu pengamatan secara teliti dalam waktu tertentu guna mempelajari gejala-gejala yang ditimbulkan dengan sengaja, untuk menetapkan sifat-sifat yang ditimbulkan dengan gejala-gejala kejiwaan manusia.
b.     Test, yaitu suatu percobaan yang dilakukan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab, atau perintah-perintah yang harus dikerjakan untuk mendapatkan gambaran tentang kejiwaan seseorang.

Jadi, dapat dikatakan berdasarkan renungan-renungan dan pengalaman-pengalaman, maka akan didapatkan metode-metode sebagai berikut :

a.      Metode yang bersifat filosofis.

Metode ini terdiri dari :
1).    Metode kontemplatif (merenung).
Metode ini dilakukan dengan jalan merenungkan objek yang akan diketahui dengan mempergunakan kemampuan berfikir.
2).    Metode filosofis religius.
Metode ini digunakan dengan mempergunakan materi-materi agama, maksudnya menyelidiki jiwa manusia beserta segala seginya dengan menggunakan materi-materi yang tertera dalam kitab suci sebagai norma standar penilaian.[2]

b.     Metode yang bersifat empiris.

Metode yang bersifat empiris dapat dibagi menjadi :
1). Metode observasi, terdiri dari metode introspeksi (restrospeksi), metode introspeksi eksperimental, metode ekstrospeksi.
2).  Metode pengumpulan data, terdiri dari metode angket interview, metode biografi, metode pengumpulan bahan.
3).     Metode eksperimen, terdiri dari metode eksperimen, metode test.
4).     Metode klinis.

              Dan masih banyak lagi metode-metode psikologi yang dikemukakan para ahli psikologi. Dan itu semua tidak jauh berbeda pengertian-pengertiannya antara yang satu dengan yang lainnya.



DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu Dan Umar, M. Psikologi Umum, Edisi Revisi. Surabaya : Bina Ilmu, 1992.
Ahmadi, Abu. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2013/02/resume-materi-psikologi-umum-metode.html




[1] Abu Ahmadi Dan M. Umar, Psikologi Umum, Edisi Revisi (Surabaya : Bina Ilmu, 1992), 15.
[2] Abu Ahmadi, Psikologi Umum (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), 11.




MATERI TERKAIT:

Judul: RESUME MATERI PSIKOLOGI UMUM : METODE PSIKOLOGI
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh : mas mahmud
Terima kasih, Anda telah berkunjung di blog ini dan membaca makalah RESUME MATERI PSIKOLOGI UMUM : METODE PSIKOLOGI . Jika ingin menyalin harap ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri atau menyertakan link URL ini : http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2013/02/resume-materi-psikologi-umum-metode.html, Terima kasih atas perhatiannya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger