SELAMAT DATANG di blog "mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com", SEMOGA BERMANFAAT apa-apa yang kami tuliskan di sini ...,"Selamat Berkarya", Semoga Tuhan Merahmati Kehidupan Kita Dengan Kesehatan, Cinta Yang Mendamaikan, Rezeki Yang Penuh Berkah, Dalam Usia Yang Panjang Dan Bahagia. Aamiin. "

FUNGSI MOTIVASI DALAM BELAJAR DAN UPAYA-UPAYA YANG DILAKUKAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA


BAB I
PENDAHULUAN

A.        Latar Belakang Masalah

Proses belajar siswa tidak akan pernah lepas dari peran dan tanggung jawab seorang guru. Hal ini menyangkut motivasi belajar untuk memperoleh keberhasilan prestasi suatu pendidikan.
Berhasil atau tidaknya seorang guru dalam mengajar dapat dilihat dari hasil prestasi anak tersebut. Maka cara penyampaian dan sikap guru dalam berinteraksi dengan anak didik akan sangat mempengaruhi pencapaian siswa.
Terkadang pernah kita jumpai seorang guru yang bersikap otoriter terhadap muridnya, sehingga murid tidak termotivasi untuk belajar, karena merasa tidak nyaman. Dan sebaliknya, ada juga kejadian seorang guru menangis karena merasa jengkel dalam menghadapi para siswanya yang membandel.
Terkait dengan fenomena di atas, maka seorang guru hendaknya dapat memerankan posisinya terutama yang berkenaan dengan difungsikannya motivasi dalam proses belajar mengajar dan upaya-upaya untuk memotivasi belajar siswa.
Berlatar belakang dengan hal tersebut di atas, maka penulisan makalah ini kami beri judul “Fungsi Motivasi Dalam Belajar Dan Upaya-Upaya Yang Dilakukan Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa” 


B.        Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah :

1.     Apa fungsi motivasi dalam belajar ?
2.     Apa upaya-upaya yang dilakukan guru dalam memotivasi belajar siswa ?

C.        Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan makalah ini adalah agar kita mengetahui :

1.     Fungsi motivasi dalam belajar.
2.     Upaya-upaya yang dilakukan guru dalam memotivasi belajar siswa.

BAB II
Fungsi Motivasi Dalam Belajar Dan Upaya-Upaya Yang Dilakukan Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa

A.        Fungsi Motivasi Dalam Belajar

Motivasi belajar adalah proses perubahan perilaku berkat pelatihan dan pengalaman yang ditandai oleh dorongan efektif dan reaksi-reaksi untuk pencapaian tujuan.
Sedangkan tujuan dari motivasi belajar adalah untuk tercapainya tujuan yang diharapkan serta di dalam proses memperoleh tingkah laku yang diinginkan.
Masalah motivasi siswa dalam belajar merupakan masalah yang sangat kompleks. Dalam usaha memotivasi siswa tersebut, tidak ada aturan-aturan yang sederhana.
Penyelidikan tentang motivasi kiranya menjadikan guru peka terhadap kompleksitas masalah ini. Guru hendaknya mengetahui prinsip-prinsip motivasi yang dapat membantu pelaksanaan tugas mengajarnya, meskipun tidak ada pedoman khusus yang pasti.[1]
Perlu ditegaskan bahwa dalam belajar sangat diperlukan adanya sebuah motivasi (Motivasi Is An Essential Condition Of Learning). Hasil belajar akan menjadi optimal jika ada motivasi. Makin tepat motivasi yang diberikan, maka akan semakin berhasil pula pelajaran itu.
Jadi motivasi akan senantiasa menentukan intensitas usaha belajar bagi para siswa .
Adapun fungsi motivasi diantaranya :
1.     Mendorong manusia untuk berbuat, jadi motivasi sebagai penggerak atau motor yang melepaskan energi. Motivasi dalam hal ini merupakan motor penggerak dari setiap kegiatan yang akan dikerjakan.

2.   Menentukan arah perbuatan, yakni ke arah tujuan yang hendak dicapai. Dengan demikian motivasi dapat memberikan arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuannya.

3.  Menyeleksi perbuatan, yakni menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan, dengan menyisihkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut.[2]

B.        Upaya-Upaya Yang Dilakukan Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa

Dalam proses belajar, sangat diperlukan motivasi. Hasil belajar akan menjadi optimal jika ada motivasi. Semakin tepat motivasi yang diberikan, maka akan semakin berhasil pula pelajaran itu.
Adapun bentuk-bentuk/ upaya-upaya yang dilakukan guru dalam memotivasi belajar siswa diantaranya adalah :
1.     Memberi angka. Ini sebagai simbol dari nilai kegiatan belajarnya. Bagi siswa, angka-angka yang baik dalam ulangan atau rapor merupakan motivasi yang sangat kuat. Cara pemberian angka-angka dapat dikaitkan dengan values yang terkandung di dalam setiap pengetahuan yang diajarkan sehingga tidak hanya sekedar kognitif tetapi ketrampilan dan afeksinya.
2.     Hadiah. Hadiah juga dapat dikatakan sebagai motivasi siswa.
3.  Saingan atau kompetisi. Motivasi ini mendorong belajar siswa, baik persaingan individual maupun persaingan kelompok untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
4. Ego-lovolment, yaitu menumbuhkan kesadaran pada siswa agar merasakan pentingnya tugas dan menerimanya sebagai tantangan sehingga bekerja keras dengan mempertaruhkan harga diri. Dan ini merupakan salah satu bentuk motivasi yang cukup penting.
5.     Memberi ulangan. Para siswa akan menjadi giat belajar jika mengetahui akan ada ulangan. Tetapi yang harus diingat oleh guru adalah jangan terlalu sering karena bisa membosankan dan bersifat rutinitas.
6.  Mengetahui hasil. Dengan mengetahui grafik hasil pekerjaan meningkat, akan mendorong siswa untuk lebih giat belajar.
7.   Pujian. Pujian adalah bentuk reinforcement yang positif dan sekaligus merupakan motivasi yang baik, tetapi penyampaiannya harus tepat dan bersifat pribadi.
8.   Hukuman. Hukuman adalah bentuk reinforcement yang bersifat negatif, tetapi jika diberikan secara tepat, bijak dan mendidik merupakan jawaban atas pelanggaran dan bertujuan ke arah perbaikan. Dan ini juga merupakan motivasi bagi siswa.
9.     Hasrat untuk belajar. Ini adalah unsur kesengajaan siswa, berarti pada anak didik itu memang ada motivasi untuk belajar, sehingga hasilnya tentu akan lebih baik.
10.  Minat. Motivasi ini merupakan alat motivasi yang pokok. Proses belajar akan lancar jika disertai dengan minat. Minat dapat dibangkitkan dengan cara-cara sebagai berikut :
a.  Membangkitkan adanya suatu kebutuhan.
b.  Menghubungkan dengan persoalan pengalaman yang lampau.
c.   Memberi kesempatan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
d.  Menggunakan berbagai macam bentuk mengajar.
11.  Tujuan yang diakui. Rumusan tujuan yang diakui dan diterima oleh siswa merupakan alat motivasi yang penting. Sebab dengan memahami tujuan yang harus dicapai dirasa sangat berguna dan menguntungkan. Maka akan timbul gairah untuk belajar.[3]
12.  Menggunakan metode yang bervariasi.
13.  Membantu kesulitan belajar anak didik secara individu maupun kelompok.
14.  Membentuk kebiasaan dengan baik.[4]

BAB III
PENUTUP

A.        Kesimpulan

Dari pembahasan Fungsi Motivasi Dalam Belajar Dan Upaya-Upaya Yang Dilakukan Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa, dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.     Fungsi motivasi dalam belajar yaitu mendorong manusia untuk berbuat, menentukan arah perbuatan, yakni ke arah tujuan yang hendak dicapai, menyeleksi perbuatan, yakni menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan, dengan menyisihkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut.
2.    Upaya-upaya yang dilakukan guru dalam memotivasi belajar siswa yaitu memberi angka, hadiah, saingan atau kompetisi, ego-lovolment, memberi ulangan, mengetahui hasil, pujian, hukuman, hasrat untuk belajar, minat, tujuan yang diakui, menggunakan metode yang bervariasi, membantu kesulitan belajar anak didik secara individu maupun kelompok, membentuk kebiasaan dengan baik.

B.        Saran

Hendaknya para pendidik dalam melaksanakan tugasnya senantiasa memberikan dan memasukkan motivasi kepada anak didik baik di dalam kelas maupun di luar kelas, dan juga di lingkungan umum, karena motivasi ini merupakan pintu gerbang menuju jalan keberhasilan meraih cita-cita.

DAFTAR PUSTAKA

Sardiwan. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1996.
Sumanto, Wasty. Psikologi Pendidikan (Malang : PT Rineka Cipta, 1990.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000.
http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2013/02/fungsi-motivasi-dalam-belajar-dan-upaya.html




[1] Wasty Sumanto, Psikologi Pendidikan (Malang : PT Rineka Cipta, 1990 ), 20.
[2] Sardiwan, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar  (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1996), 84.
[3] Sardiwan, Interaksi ..., 161.
[4] Muhibbin Syah, Psikologi Belajar (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000), 182.




MATERI TERKAIT:

Judul: FUNGSI MOTIVASI DALAM BELAJAR DAN UPAYA-UPAYA YANG DILAKUKAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh : mas mahmud
Terima kasih, Anda telah berkunjung di blog ini dan membaca makalah FUNGSI MOTIVASI DALAM BELAJAR DAN UPAYA-UPAYA YANG DILAKUKAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA. Jika ingin menyalin harap ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri atau menyertakan link URL ini : http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2013/02/fungsi-motivasi-dalam-belajar-dan-upaya.html, Terima kasih atas perhatiannya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger