SELAMAT DATANG di blog "mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com", SEMOGA BERMANFAAT apa-apa yang kami tuliskan di sini ...,"Selamat Berkarya", Semoga Tuhan Merahmati Kehidupan Kita Dengan Kesehatan, Cinta Yang Mendamaikan, Rezeki Yang Penuh Berkah, Dalam Usia Yang Panjang Dan Bahagia. Aamiin. "

29 MACAM STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS ACTIVE LEARNING

NAMA STRATEGI

LANGKAH-LANGKAHNYA
1.    INQUIRING MINDS WANT TO KNOW
o Fasilitator membuat pertanyaan terkait dengan apa yang diinginkan
o Peserta memberi jawaban
o Fasilitator menampung jawaban. Yang kemudian dijadikan sebagai jembatan apa yang akan disampaikan
2.    POINT-COUNTER-POINT
o Memilih issu-issu yang berperspektif
o Membagi kelompok berdasarkan jumlah perspektif
o Meminta kelompok menyiapkan argumen-argumen, masing-masing kelompok duduk terpisah
o Peserta menyampaikan argumennya, minta tanggapan, bantahan atau koreksi dari kelompok lain
o Merangkum debat dengan mengarisbawahi argumen-argumen yang muncul
3.    GROUP RESUME
o Fasilitator membagi siswa ke dalam kelompok –kelompok
o Fasilitator memberi tugas kepada masing-masing kelompok untuk mengidentifikasi dan membuat resume kelompok
o Fasilitator memberi kertas plano dan spidol kepada kelompok untuk menulis resume
o Kelompok mempresentasikan resume
o Fasilitator memberikan klarifikasi
4.    PRACTICE--REHEARSAL
o Memilih ketrampilan yang akan dipelajari oleh siswa
o Siswa menyusun KETRAMPILAN yang diajarkan
o Siswa mendemonstrasikan
o Fasilitator memberikan klarifikasi
5.    ACTIVE KNOWLEDGE SHARING
o Membuat pertanyaan
o Peserta menjawab pertanyaan
o Peserta menjawab pertanyaan dengan saling membantu
o Memeriksa jawaban perserta, mengenalkan topik yang penting 
6.    LEARNING START WITH A QUESTION
o Memilih bacaan dan membagikannya kpd peserta
o Meminta peserta mempelajari bacaan sendirian atau dengan teman
o Meminta peserta memberi TANDA pada bagian bacaan yang tidak dipahami
o Peserta menulis pertanyaan tentang materi  yg dibaca
o Mengumpulkan pertanyaan yang telah ditulis peserta
o Menyampaikan pembelajaran dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut
7.    CARD SHORT
o Membagi potongan kertas yang berisi informasi dalam satu atau lebih kategori
o Peserta berkeliling kelas untuk menemukan kategori yang sama
o Peserta mempresentasikan kategori yang sama di depan kelas
o Memberikan poin-poin penting terkait dengan materi
8.    THE POWER OF TWO
o Mengajukan pertanyaan yang menuntut perenungan dan pemikiran
o Meminta peserta menjawab pertanyaan secara individu
o Meminta peserta untuk berpasangan dan saling bertukar jawaban dan membahasnya
o Meminta pasangan membuat jawaban baru dari pertanyaan dan memperbaiki jawaban individualnya.
o Membandingkan jawaban setiap pasangan di dalam kelas
9.    JIGSAW LEARNING
o Memilih materi menjadi beberapa segmen
o Membagi peserta menjadi beberapa kelompok
o Setiap kelompok mendapat tugas membaca dan memahami materi yang berbeda
o Setiap kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok lain untuk menyampaikan apa yang telah dipelajari
o Mengembalikan suasana kelas seperti semula
o Memberi pertanyaan untuk mengecek pema-haman peserta terhadap materi
10. EVERYONE IS A TEACHER HERE
o Membagi secarik kertas/kartu indeks ke peserta. Peserta diminta membuat satu pertanyaan tentang materi.
o Mengumpulkan kertas, mengacaknya dan membagi-kannya  kepada setiap peserta
o Meminta peserta secara sukarela membacakan pertanyaan dan menjawabnya
o Setelah jawaban diberikan, mintalah peserta lainnya untuk menambahkan
o Melanjutkan  dengan sukarelawan berikutnya
11. READING GUIDE
o Menentukan bacaan yang akan dipelajari
o Membuat kisi-kisi pertanyaan yang akan dijawab oleh siswa melalui bahan bacaan yang telah dipilih
o Membagikan bahan-bahan bacaan dengan kisi-kisi pertanyaan kepada setiap siswa
o Setiap siswa mempelajari bahan bacaan dengan menggunakan kisi-kisi pertanyaan yang ada
o Membahas kisi-kisi pertanyaan dengan menanyakan jawabannya kepada siswa.
12. READING A LOAD
o Pilih satu teks yang cukup menarik untuk dibaca  dengan keras. Usahakan teks tidak terlalu panjang
o Berikan copy-an teks kepada siswa . Beri tanda poin-poin atau isu-isu yang menarik untuk didiskusikan
o Ketika bacaan sedang berlangsung, berhentilah pada beberapa tempat atau tanda untuk menekankan arti penting poin-poin tertentu, untuk bertanya atau memberi contoh. Beri kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi  jika mereka menunjukkan ketertarikan pada poin tersebut
o Akhiri proses dengan bertanya kepada siswa apa yang ada dalam teks.    
13. INFORMATION SEARCH
o Buatlah beberapa pertanyaan yang dapat dijawab dengan mencari informasi yang dapat ditemukan  dalam bahan-bahan sumber yang bisa diakses siswa, seperti : hands out, dokumen, buku teks, informasi dari internet, dll).
o Bagikan pertanyaan-pertanyaan tsb kepada siswa
o Minta siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan secara individual atau kelompok
o Beri komentar atas jawaban yang diberikan siswa.
o Kembangkan jawaban untuk memperluas stop pembahasan
14. INDEX CARD MATCH
o Buatlah potongan-potongan kertas sejumlah  siswa yang ada di kelas
o Bagi jumlah potongan kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama
o Tulis pertanyaan tentang materi yang telah diberikan sebelumnya pada setengah bagian kertas yang telah disiapkan. Setiap kertas berisi satu pertanyaan
o Pada separuh kertas yang lain, tulis jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang tadi dibuat
o Kocoklah semua kertas, sehingga akan tercampur  antara soal dan jawaban
o Beri setaip siswa satu kertas. (Jelaskan ini adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan, separuh siswa akan mendapatkan soal dan separuh yang lain akan mendapatkan jawaban)
o Minta siswa untuk menemukan pasangan mereka. Jika sudah ketemu pasangannnya, minta mereka untuk duduk berdekatan. Terangkan juga agar mereka tidak memberitahu materi yang mereka dapatkan kepada teman yang lain.
o Setelah semua siswa menemukan pasangan dan duduk berdekatan, mintalah setiap pasangan secara bergantian untuk membaca soal dan jawaban dengan keras kepada teman-teman yang lain.
o Akhiri proses ini dengan membuat klarifikasi dan kesimpulan
15. GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS
o Membuat potongan kertas sebanyak dua kali jumlah peserta
o Meminta setiap peserta melengkapi ; kertas (1) saya masih belum paham tentang ….. kertas (2) saya dapat menjelaskan tentang …
o Membagi kelompok kecil
o Kelompok memilih kertas 1 …… dan kertas 2 …………..
o Meminta masing-masing kelompok membacakan kertas 1 …… dan kertas 2 .................
o Menyampaikan rangkuman dan klarifikasi dari jawaban dan penjelasan peserta

16. PICTURE AND PICTURE
o Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
o Menyajikan materi sebagai pengantar
o Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
o Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
o Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
o Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
o Kesimpulan/rangkuman

17. NUMBERED HEADS TOGETHER
o Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
o Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
o Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
o Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
o Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
o Kesimpulan
o  
18. COOPERATIVE SCRIPT
o Guru membagi siswa untuk berpasangan
o Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
o Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
o Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
Sementara pendengar :
o Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap
o Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
o Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
o Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru
o Penutup

19. STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
o Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
o Guru menyajikan pelajaran
o Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yang sudah mengerti dapat  menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
o Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
o Memberi evaluasi
o Kesimpulan

20. PROBLEM BASED INTRODUCTIONS
o Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
o Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
o Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
o Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
o Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka gunakan

21. ARTIKULASI
o Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
o Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
o Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
o Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya
o Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
o Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
o Kesimpulan/penutup

22. THINK PAIR AND SHARE
o Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
o Siswa diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
o Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
o Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
o Berawal dari kegiatan tersebut, Guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa
o Guru memberi kesimpulan
o Penutup

23. DEBATE
o Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yang lainnya kontra
o Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas
o Setelah selesai membaca materi, Guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu, kemudian ditanggapi oleh kelompok kontra. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
o Sementara siswa menyampaikan gagasannya, guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah ide diharapkan.
o Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
o Dari data-data yang diungkapkan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai.

24. ROLE PLAYING
o Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
o Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dalam waktu beberapa hari sebelum KBM
o Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
o Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
o Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
o Masing-masing siswa berada di kelompoknya sambil mengamati skenario yang sedang diperagakan
o Setelah selesai ditampilkan, masing-masing siswa diberikan lembar kerja untuk membahas penampilan masing-masing kelompok.
o Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
o Guru memberikan kesimpulan secara umum
o Evaluasi
o Penutup

25. GROUP INVESTIGATION
o Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
o Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
o Guru memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
o Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif  yang bersifat penemuan
o Setelah selesai diskusi, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok
o Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
o Evaluasi
o Penutup

26. SNOWBALL THROWING
o Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
o Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
o Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
o Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
o Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
o Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
o Evaluasi
o Penutup

27. STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
o Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
o Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
o Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya misalnya melalui bagan/peta konsep.
o Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa.
o Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu.
o Penutup

28. COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
o Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
o Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
o Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
o Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
o Guru membuat kesimpulan bersama
o Penutup

29. INSIDE-OUTSIDE  CIRCLE
(lingkaran kecil-lingkaran besar)
o Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
o Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam
o Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
o Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
o Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya

30. dst
SETIAP MAHASISWA HARUS MEMILIKI BUKU
Silberman, Melvin, L. Active Learning: 101 strategies to teach any subject



SUMBER = http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/11/29-macam-strategi-pembelajaran-berbasis.html





MATERI TERKAIT:

Judul: 29 MACAM STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS ACTIVE LEARNING
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh : mas mahmud
Terima kasih, Anda telah berkunjung di blog ini dan membaca makalah 29 MACAM STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS ACTIVE LEARNING . Jika ingin menyalin harap ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri atau menyertakan link URL ini : http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/11/29-macam-strategi-pembelajaran-berbasis.html, Terima kasih atas perhatiannya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger