SELAMAT DATANG di blog "mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com", SEMOGA BERMANFAAT apa-apa yang kami tuliskan di sini ...,"Selamat Berkarya", Semoga Tuhan Merahmati Kehidupan Kita Dengan Kesehatan, Cinta Yang Mendamaikan, Rezeki Yang Penuh Berkah, Dalam Usia Yang Panjang Dan Bahagia. Aamiin. "

REVIEW MATERI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN : PENGANTAR, PERKEMBANGAN MANUSIA MASA PRENATAL, BAGAIMANA KEHIDUPAN DIMULAI, PERKEMBANGAN FISIK BIOLOGIS, PERKEMBANGAN PSIKIS, BAHAYA SELAMA PERIODE PRALAHIR

Oleh Mas Mahmud

PENGANTAR PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

PERTUMBUHAN adalah pertumbuhan secara fisik
PERKEMBANGAN adalah proses untuk menuju ke tahap yang lebih baik dari segi fisik, kognitif, psikososial.
1787---Tredemen meneliti anaknya sampai usia 2,5 th -----------Baby Biographies
1800---Charles Darwin meneliti anaknya usia 12 bl
muncul istilah “LIFE SPAN DEVELOPMENT” yaitu PERKEMBANGAN SEPANJANG RENTANG KEHIDUPAN yaitu :
1.   Masa Prenatal, yaitu setelah konsepsi / pertemuan sperma – ovum berakhir sampai        lahir
2.      Masa Bayi,                                                   : ( usia 0-2 th )
3.      Masa Anak-Anak Awal,                              : (2-6 th )
4.      Masa Anak-Anak Akhir,                              : (7-11 th )
5.      Masa Remaja Awal                                     : (12-15 th )
6.       Masa Remaja Akhir                                    : (16-20 th )
7.      Masa Dewasa Muda                                   : (21-40 th )
8.      Masa Dewasa Akhir / Madya                     : (40-60 th )
9.      Masa Lansia / Lanjut Usia                          : (60-ke atas)

PERKEMBANGAN MANUSIA

A.     PERUBAHAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF

       PERUBAHAN KUANTITATIF yaitu perubahan dari segi jumlah / angka, contoh umur,    berat badan, jumlah berapa kata anak bisa bicara
       PERUBAHAN KUALITATIF yaitu perubahan dari segi jenisnya (macamnya)

B.     INDIVIDUAL DIFFERENSES (Perbedaan masing-masing individu)

       contoh, tinggi badan, warna kulit, kecerdasan, watak, tabiat.
       PERBEDAAN INDIVIDU dipengaruhi oleh lingkungan (nature), keturunan (hereditas),
       status sosial ekonomi.
                                                                                                                                                                  
C.     TIGA DIMENSI PERKEMBANGAN

1.         Dimensi Perkembangan Fisik
2.         Dimensi Perkembangan Kognitif
3.         Dimensi perkembangan psikososial

MASA PRENATAL
Masa Prenatal adalah periode perkembangan pertama dalam jangka kehidupan manusia dan secara biologis, hidup dimulai pada waktu ini. Periode ini dimulai pada waktu konsepsi, yaitu pembuahan dari ovum oleh sel sperma, dan berakhir pada waktu kelahiran

A.        BAGAIMANA KEHIDUPAN DIMULAI ?
Kehidupan dimulai pada saat pembuahan__ketika sel reproduksi wanita yang disebut ovum,dibuahi oleh sel reproduksi pria yang disebut spermatozoon.
Pada wanita terdapat tiga tahapan ;  kematangan, ovulasi, pembuahan. Sedang pada pria terdapat dua tahapan sebelum terjadinya pembuahan ;kematangan dan pembuahan.
1.           Kematangan
          Kematangan atau maturation, adalah saat dimana sel telur wanita yang diproduksi oleh ovary sudah cukup matang dan siap dibuahi oleh sperma laki-laki.        
2.           Ovulasi sel reproduksi wanita
          Ovulasi  atau pelepasan adalah saat terlepasnya sel telur yang sudah masak dari tempatnya semula (ovary
3.           Pembuahan
          Pembuahan inilah yang dalam istilah lain dikenal sebagai peristiwa konsepsi. Konsepsi hanya akan terjadi ketika sel telur bertemu dan akhirnya bercampur dengan sperma laki-laki. Sperma yang sehat hanya mampu bertahan hidup selama 24-36 jam sebelum berhasil membuahi sel telur.

B.        PERKEMBANGAN FISIK-BIOLOGIS

1.  Periode ovum, yaitu mulai saat terjadinya konsepsi sampai akhir minggu kedua. Disebut sebagai fase ovum, karena ovum atau sel telur itulah yang dibuahi, dan memang berada dalam tubuh wanita yang sedang mengandung.
2.  Periode embrio, mulai akhir minggu kedua sampai akhir bulan kedua.
   Pada fase embrio ini adalah yang paling cepat terjadinya pertumbuhan fisik-biologis. Dari bentuk zygote yang hanya sebesar pentol jarum, 6 minggu kemudian telah menjadi semacam bentuk miniatur manusia sempurna. Pada akhir fase embrio, sepanjang janin mencapai kurang lebih 1 1/2-2 inci, dengan berat 2-3 ons;suatu pertumbuhan kira-kira dua juta kali keadaan semula.
3.  Periode fetus, mulai akhir bulan kedua sampai masa kelahiran.
    Fase fetus adalah fase terpanjang dalam periode kandungan dibanding fase yang lain. Jika si janin telah selamat melalui fase ovum dan embrio, ada harapan besar ia akan lahir dengan selamat.

C.        PERKEMBANGAN PSIKIS
1.  Perkembangan Psikis

          Secara psikologis, permulaan perkembangan dimulai pada waktu anak yang belum dilahirkan tersebut bereaksi terhadap rangsangan dari luar (Monks et.all., 1999: 46). Hal ini dapat ditunjukkan bahwa janin yang ada dalam kandungan pada sekitar bulan ketiga atau keempat setelah ditiupkan ruh_telah dapat mengadakan reaksi, mengadakan tingkah laku spontan atau tingkah laku berulang seperti menghisap ibu jari, getaran atau tendangan-tendangan yang kuat.
Perkembangan kehidupan psikis janin tersebut dapat juga dibuktikan dengan adanya hubungan yang sedemikian erat antara kegembiraan maupun penderitaan batin ibu dengan bayi yang dikandungnya.
                                               
D.        BAHAYA SELAMA PERIODE PRALAHIR
1.               Bahaya Fisik

a.         Ketidakteraturan perkembangan

                   Ketidakteraturan perkembangan ini menurut studi ilmiah membenarkan dua kesimpulan penting. Pertama, mungkin disebabkan oleh gen yang rusak, kemungkinan juga disebabkan oleh gangguan lingkungan dalam rahim. Kedua ,mungkin disebabkan oleh gangguan lingkungan yang terjadi bersamaan ketika pembentukan organ tertentu.
                   Beberapa di antara gangguan lingkungan yang umum dan paling serius adalah kekurangan gizi yang berat dan lama pada ibu yang dapat menimbulkan defisiensi moral atau abnormalitas fisik. Gangguan endoktrin(menyebabkan gangguan tubuh disertai kecerdasan di bawah normal), alkoholisme kronis, ibu perokok, penggunaan obat yang berlebihan, penyakit merusak berat dan lama, diabetes, tbc, dan lain-lain.

b.         Keguguran

                Jika ovum yang dibuahi rusak, kemungkinannya adalah keguguran atau kematian saat lahir. Jika ovum yang dibuahi normal , tetapi lingkungan tempat ia berkembang tidak normal maka keguguran biasanya terjadi pada saat berlangsungnya periode menstruasi ibu yang normal.

c.         Kelahiran kembar

                   Selama periode pralahir, mereka harus berbagi ruangan yang dirancang untuk bayi tunggal. Akibatnya mereka tidak dapat melakukan gerakan pada bagian tubuh yang penting untuk perkembangan janin yang normal. Akibatnya, mereka  biasanya lebih kecil dan lemah daripada anak yang lahir tunggal.

2.         Bahaya Psikologis

a.  Keyakinan tradisional mengenai pengaruh pralahir

      Pengaruh keyakinan ini terdapat pada sikap dan perlakuan yang  diterima anak selama tahun awal pembentukan hidup mereka dari orang yang berarti yang menganut keyakinan tersebut .


b.  Stres ibu

         Stres seorang ibu,perasaan tidak mampu melakukan tugas ibu dengan berhasil atau mimpi dan khayalan mempunyai anak cacat dapat mengakibatkan terganggunya fungsi normal sistim endoktrin ibu, dan hal ini akan sangat mempengaruhi perkembangan anak
    
c.  Sikap yang kurang menguntungkan dari orang yang berarti

     Sikap-sikap tersebut antara lain:
1). Tidak menginginkan anak itu.
2). Belum siap menerima anak.
3). Tidak menginginkan anak kelahiran kembar.
4). Keinginan kuat untuk melahirkan anak dengan jenis kelamin tertentu.
5). Keinginan kuat untuk tipe anak tertentu.
6). Menginginkan aborsi.
7). Memandang rendah anak (jika buah dari perkawinan yang tidak diinginkan).


SUMBER = http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/10/review-materi-psikologi-perkembangan.html





MATERI TERKAIT:

Judul: REVIEW MATERI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN : PENGANTAR, PERKEMBANGAN MANUSIA MASA PRENATAL, BAGAIMANA KEHIDUPAN DIMULAI, PERKEMBANGAN FISIK BIOLOGIS, PERKEMBANGAN PSIKIS, BAHAYA SELAMA PERIODE PRALAHIR
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh : mas mahmud
Terima kasih, Anda telah berkunjung di blog ini dan membaca makalah REVIEW MATERI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN : PENGANTAR, PERKEMBANGAN MANUSIA MASA PRENATAL, BAGAIMANA KEHIDUPAN DIMULAI, PERKEMBANGAN FISIK BIOLOGIS, PERKEMBANGAN PSIKIS, BAHAYA SELAMA PERIODE PRALAHIR . Jika ingin menyalin harap ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri atau menyertakan link URL ini : http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/10/review-materi-psikologi-perkembangan.html, Terima kasih atas perhatiannya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger