SELAMAT DATANG di blog "mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com", SEMOGA BERMANFAAT apa-apa yang kami tuliskan di sini ...,"Selamat Berkarya", Semoga Tuhan Merahmati Kehidupan Kita Dengan Kesehatan, Cinta Yang Mendamaikan, Rezeki Yang Penuh Berkah, Dalam Usia Yang Panjang Dan Bahagia. Aamiin. "

RESUME MATERI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN : URGENSI PRENATAL, TAHAP-TAHAP PRE-NATAL, MASA BAYI, MASA ANAK-ANAK AWAL (Perkembangan Fisik, Kognitif, Psikososial)

Oleh  Mas Mahmud



A.  URGENSI PRENATAL
                                   
Walaupun masa prenatal ini relatif pendek, akan tetapi penting karena enam hal sebagai berikut :                          
1. Segala sesuatu yang didapatkan dari warisan, yang menjadi dasar bagi perkembangan selanjutnya ditetapkan pada masa ini.
2. Keadaan-keadaan yang menguntungkan di dalam badan ibu dapat memelihara perkembangan dari potensi-potensi yang didapatkan dari warisan , sedangkan keadaan-keadaan yang kurang baik dapat menghambat ataupun merubah pola perkembangan yang akan datang.
3. Apabila dibandingkan dengan keadaan di dalam periode-periode perkembangan yang lain, dalam masa ini terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang pesat.
4.  Sikap orang-orang yang berarti akan sangat mempengaruhi cara mereka menghadapi si kecil, terutama dalam tahun-tahun pertama pembentukan dirinya. Yang hal ini merupakan impressi bagi anak dan dapat mempengaruhi perkembangan selanjutnya.
5. Jenis kelamin individu yang baru diciptakan sudah dapat dipastikan pada saat pembuahan.
6. Periode prenatal merupakan masa yang mengandung banyak bahaya, baik fisik maupun psikis.


B.        PRINSIP CEPHALOCAUDAL DAN PROXIMODISTAL

PRINSIP CEPHALOCAUDAL adalah  prinsip yang mengatakan bahwa pertumbuhan dan perkembangan terjadi dimulai dari kepala ke kaki (from head to tail)
PRINSIP PROXIMODISTAL adalah prinsip yang mengatakan bahwa pertumbuhan dan perkembangan  terjadi dimulai dari titik tengah menuju keluar (dari dada ke ujung jari)

C. TAHAP-TAHAP PRENATAL

1.      TAHAP GERMINAL (konsepsi-2 minggu)
yaitu bertemunya antara sperma dan ovum kemudian membelah terus sampai menempel    pada dinding rahim.

2.      TAHAP EMBRIONAL (minggu ke-2 sampai minggu ke-8)
                        yaitu mulai terbentuk struktur eksternal dan internal
EKSTERNAL yaitu yang bisa membantu janin untuk bisa mendapat suplai makanan misal,    kantung ketuban, plasenta, ari-ari (menyambungnya plasenta dengan janin)
                        INTERNAL yaitu faktor yang ada pada janin yaitu :
Ø   SEL INDODERM : menjadi modal terbentuknya organ-organ dalam
Ø   SEL EKSODERM : membentuk pembuluh darah
Ø   SEL MESODERM : kuku, rambut, tulang

3.      TAHAP FETAL (minggu ke-8 sampai bulan ke-9)
yaitu berkembangnya struktur yang telah ada pada masa embrional secara sempurna baik dari bentuk maupun ukuran

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CACAT JANIN

Ø   faktor ayah / ibu (GENETIK)
Ø   NON GENETIK terdiri :
·    ALAMI terdiri dari nutrisi, usia, psikologi, HIV / AIDS
·    NON ALAMI terdiri dari lingkungan kimiawi yang tercemar, rokok, alcohol, drug / obat


MASA BAYI
PERIODE PADA MASA BAYI  yaitu :

1.  TAHAP PARTUNITAS yaitu berlangsungnya mulai keluar dari rahim ibu  kurang lebih 30 menit ( 30 menit pertama merupakan masa krisis bayi)­­­­
2.  TAHAP NEORATUS yaitu setelah pemotongan tali pusar sampai akhir minggu kedua ditambahi dengan lepasnya tali pusar (jadi bayi sudah mulai bisa beradaptasi) dan berat badannya bertambah
3.    TAHAP INFANCY yaitu mulai akhir minggu kedua sampai usia kira-kira 2 tahun

CARA CEPAT MENGETAHUI BAYI YANG BARU LAHIR ITU SEHAT
yaitu :
           TES APGAR   yaitu  tes oleh dokter / bidan untuk mengetahui secara cepat kondisi bayi itu sehat dengan cara melakukan pengamatan sederhana.
Yang dilihat adalah : -denyut jantung, pernapasan, ketegangan urat kulit, reflek, warna kulit

PERILAKU LEKAT (ATTACHMENT BEHAVIOR)
yaitu perilaku khas pada manusia yaitu kecenderungan / keinginan untuk mencari kedekatan dengan orang lain / mencari kepuasan dari hubungan dengan orang lain.memerlukan obyek pelekat biasanya ibu.
PERILAKU LEKAT ITU PENTING karena ini adalah dasar pembentukan kepribadian seseorang. dengan adanya obyek lekat, maka ia bisa mengembangkan dirinya menjadi individu yang mempunyai kepribadian kuat.

MELEJITKAN IQ PADA BAYI

yaitu ASI (ASI EKSLUSIF 6 bulan selama 6 bl pertama bayi masih mendapat ASI saja),menyusui, mengajak bicara, menggunakan bahasa isyarat, kehadiran diri kita, privacy (bayi juga butuh waktu untuk dirinya sendiri)

STIMULASI
adalah proses memberikan rangsang pada sel-sel otak bayi untuk persiapan menghadapi (mengenal) lingkungan sekitar, yaitu:
Ø STIMULASI VERBAL : mengajak berbicara untuk perkembangan otak
Ø STIMULASI VISUAL : memberikan gambar yang berwarna-warna
Ø STIMULASI AUDITIF : mendengarkan musik klasik, ayat Al-Qur,an, lagu nasyid
Ø STIMULASI TAKTIL : sentuhan (guling dengan kain perca yang kasar dan lembut)
Ø STIMULASI PENGECAP (RASA) :setelah bayi mulai bisa makan nasi, sebaiknya orang tua memberikan beragam makanan dan buah-buahan

MASA ANAK-ANAK AWAL
A.  PERKEMBANGAN FISIK
            Perkembangan fisik masa anak-anak awal antara lain :
1.                    Tinggi
2.                    Berat
3.                    Perbandingan tubuh
4.                    Postur tubuh
5.                    Tulang dan otot
6.                    Lemak
7.                    Gigi
            Aspek yang penting pada perkembangan fisik masa anak-anak awal adalah :
1. Pembentukan/ sebagai dasar untuk mempersiapkan anak memasuki masa selanjutnya (usia sekolah)
2.  Adanya perubahan dan pertumbuhan badan
3.  Nutrisi
4.  Kebiasaan tidur
5.  Kemampuan motorik terdiri dari :
a.  Motorik kasar (ketrampilan otot-otot besar) contoh; merangkak, berjalan, berlari, berenang
b.  Motorik halus (ketrampilan otot-otot kecil) contoh ; mencoret-coret, menggambar, memegang pensil, menggunakan sendok

B. PERKEMBANGAN KOGNITIF
            Dalam kognitif ada 3 faktor yang terkandung di dalamnya yaitu :
1.  Berfikir hal yang lebih komplek
2.  Melakukan penawaran
3.  Melakukan pemecahan masalah

     Di dalam perkembangan kognitif ini yang terkenal adalah  teori dari JEAN PIAGET (San Piase) dari Swiss yaitu pada masa kanak-kanak awal terdiri dari 4 tahap :

1.  Tahap Sensorimotor (0-2 Th) = Pengetahuan Diperoleh Melalui Panca Indera, Gerakan (Motorik), Penciuman, Rabaan, Rasa
2. Tahap Pra-Operasional (2-7 Th) = Belajar Bahasa, Simbol, Pemahaman Angka, Berimajinasi, Identitas Diri, Senang Bermain Peran, Bersifat Egosentris, Sebab Berfokus Pada Pengalaman-Pengalaman Pribadi (Perasaan Saya, Pikiran Saya). Dalam Pra-Operasional Ini Dibagi Menjadi 2 Yaitu :
a.  Prakonseptual (2-4 Th)
b.  Intuitif (4-7 Th)
          Piaget Membagi Perkembangan Kognitif Ini Dalam 2 Bagian Yaitu :
a. Umur 2-4 Th disebut perkembangan pemikiran simbolis yaitu kemampuan mewakili sesuatu  dengan bahasa atau isyarat tertentu
b.  Umur 4-7 Th disebut perkembangan intuitif yaitu persepsi langsung akan dunia luar tanpa dinalar terlebih dahulu
3.  Tahap Operasional Kongret (7-11 Th)
4.  Tahap Operasional Formal (11-15 th)
     Faktor-faktor yang mempengaruhi kognitif adalah genetik, lingkungan, bakat, motifasi

C. PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL
            menurut Piagiet tahap-tahap perkembangan sosial pada masa ini adalah :
1.  Bermain Sejajar
2.  Bermain Asosiatif
3.  Bermain Kooperatif

RANGKUMAN :

1.  Tugas perkembangan masa kanak-kanak awal dari segi perkembangan psikososial adalah :
a.  Belajar berbicara, misalnya mulai dengan menyebut kata ibu , ayah, dan nama-nama benda sederhana yang ada di sekelilingnya.
b.  Belajar membedakan jenis kelamin antara laki-laki dan perempuan, dan bersopan santun seksual.
c.   Belajar mengadakan hubungan emosional selain dengan ibunya, dengan ayah, saudara kandung, dan orang-orang di sekelilingnya.
d.  Belajar membedakan antara hal-hal yang baik dengan yang buruk , juga antara hal-hal yang benar dan salah, serta mengembangkan atau membentuk kata hati (hati nurani).
e.  Membentuk konsep-konsep (pengertian) sederhana tentang kenyataan sosial dan alam, serta mempersiapkan diri untuk membaca.
2.  Ciri-ciri Masa Anak-Anak Awal adalah :
a.  Usia yang mengandung masalah atau usia sulit
b.  Usia mainan
c.   Usia prasekolah
d.  Usia belajar berkelompok
e.  Usia menjelajah dan bertanya
f.    Usia meniru dan kreatif
3.  Perkembangan yang terjadi pada periode ini dari segi perkembangan Psikososial adalah :
a.  Perkembangan fisik dan motorik
b.  Perkembangan intelektual (pengertian)
c.      Perkembangan berbicara (bahasa)
d.  Perkembangan emosi
            Emosi yang meninggi pada awal masa kanak-kanak ditandai oleh ledakan amarah yang kuat ketakutan yang hebat dan iri hati yang tidak masuk akal. Penyebab emosi ini adalah akibat lamanya bermain, tidak mau tidur siang, dan makan terlalu sedikit.
                        Di antara beberapa faktor  yang mempengaruhi antara lain ; kecerdasan, anak yang cerdas    lebih aktif dalam menjelajahi lingkungannya dan lebih banyak bertanya daripada anak yang kecerdasannya lebih rendah. Perbedaan seks, dalam emosi terutama karena tekanan sosial untuk mengungkapkan emosi sesuai dengan kelompoknya. Besarnya keluarga juga sangat mempengaruhi sering dan kuatnya rasa cemburu dan iri hati. Lingkungan sosial rumah  memainkan peranan yang penting dalam menimbulkan sering dan kuatnya rasa marah anak-   anak, misalnya bila ada tamu di rumah. Jenis disiplin dan metode latihan anak juga mempengaruhi frekuensi dan intensitas ledakan amarah anak. Semakin orang tua otoriter, semakin besar kemungkinan anak bereaksi dengan amarah. Emosi yang umum pada awal masa kanak-kanak adalah :
1.  Amarah          
2.  Takut
3.  Cemburu
4.  Ingin tahu
5.  Iri hati
6.  Gembira
7.  Sedih
8.  Kasih sayang
e.  Perkembangan sosial
            Pola perilaku sosial pada anak antara lain ; meniru, persaingan, kerja sama, simpati, empati (mengerti perasaan dan emosi orang lain dan membayangkan dirinya pada kondisi orang lain tersebut), dukungan sosial, membagi/ berbagi, perilaku akrab.
                        Sedangkan perilaku tidak sosial antara lain ; negativisme, agresif, perilaku berkuasa, mementingkan diri sendiri, merusak, pertentangan seks (sering kali laki-laki berperilaku agresif melawan anak perempuan), prasangka.

f.    Perkembangan bermain
                        Bentuk-bentuk permainan yang biasa dilakukan anak pada periode ini adalah :
1.  Memasuki tahun kedua, anak suka bermain sendirian
2.  Akhir tahun ketiga, anak mulai bermain dengan anak lain
3.  Pada tahun keempat, anak-anak cenderung bermain pada kelompok khusus dalam permainan imajinatif dan bangunan
4.  Pada usia kelima, anak menyukai permainan yang memungkinkan  untuk saling mengungguli
g.  Perkembangan kepribadian
h.  Perkembangan moral
i.    Perkembangan kesadaran beragama



Faktor-faktor yang mempengaruhi psikososial masa anak-anak awal yaitu :
1.  Lingkungan Keluarga
2.  Teman Sebaya
3.  Bimbingan

SUMBER = http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/10/resume-materi-psikologi-perkembangan.html



MATERI TERKAIT:

Judul: RESUME MATERI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN : URGENSI PRENATAL, TAHAP-TAHAP PRE-NATAL, MASA BAYI, MASA ANAK-ANAK AWAL (Perkembangan Fisik, Kognitif, Psikososial)
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh : mas mahmud
Terima kasih, Anda telah berkunjung di blog ini dan membaca makalah RESUME MATERI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN : URGENSI PRENATAL, TAHAP-TAHAP PRE-NATAL, MASA BAYI, MASA ANAK-ANAK AWAL (Perkembangan Fisik, Kognitif, Psikososial) . Jika ingin menyalin harap ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri atau menyertakan link URL ini : http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/10/resume-materi-psikologi-perkembangan.html, Terima kasih atas perhatiannya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger