SELAMAT DATANG di blog "mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com", SEMOGA BERMANFAAT apa-apa yang kami tuliskan di sini ...,"Selamat Berkarya", Semoga Tuhan Merahmati Kehidupan Kita Dengan Kesehatan, Cinta Yang Mendamaikan, Rezeki Yang Penuh Berkah, Dalam Usia Yang Panjang Dan Bahagia. Aamiin. "

RESUME MATERI PSIKOLOGI DAKWAH : PERKEMBANGAN JIWA BERAGAMA PADA MASA KANAK-KANAK, REMAJA DAN DEWASA


Perkembangan adalah rentetan perubahan jasmani dan rohani manusia menuju arah yang lebih maju dan sempurna serta mengalami perkembangan semua aspek atau fungsi untuk memasuki masa dewasa.

A.       PERKEMBANGAN JIWA BERAGAMA PADA MASA KANAK-KANAK
Perkembangan adalah suatu proses perubahan dari suatu keadaan ke dalam keadaan yang lain. Tahap-tahap perkembangan jiwa beragama pada anak dibagi menjadi 3 bagian :
1.   Tingkat dongeng : konsep mengenai tuhan banyak dipengaruhi oleh fantasi dan emosi, sehingga dalam menanggapi agama, anak masih menggunakan konsep fantastis yang diliputi dengan dongeng-dongeng yang kurang masuk akal.
2.      Tingkat kepercayaan : pemikiran anak tentang Tuhan sebagai bapak beralih pada tuhan sebagai pencipta. Pada usia ini anak memperoleh sikap yang lebih matang terhadap agama. Mereka ingin lebih mengetahui tentang Tuhan dan banyak mengajukan pertanyaan tentang hal tersebut.
3.      Tingkat individu : pada tingkat ini anak telah memiliki kepekaan emosi yang tinggi. Pada usia 10-12 anak-anak telah dapat menghayati cerita/ peristiwa yang mengandung kegaiban spiritual dan dalam jiwanya telah bersemi perasaan tentang adanya hubungan peristiwa gaib dengan kekuasaan tuhan yang dirasa sebagai penguasa segala peristiwa tersebut.

B.    PERKEMBANGAN JIWA BERAGAMA PADA MASA REMAJA
       
              Masa remaja (11/12 sampai 20/21 tahun)  adalah masa peralihan/ transisi dari anak menuju dewasa. Terbagi menjadi :
1.     Masa praremaja (11/12-13/14 tahun), terlihat tingkah laku yang cenderung negatif. Fase sukar untuk anak dan orang tua. Perkembangan fungsi-fungasi tubuh terutama sel terganggu.
2. Masa remaja awal (13/14 – 17 tahun), perubahan fisik sangat pesat, ketidakseimbangan emosional, mencari identitas diri, pola hubungan sosial mulai berubah.
3.     Masa remaja akhir (17 – 20/21 tahun), ingin menjadi pusat perhatian, menonjolkan diri, idealis, mempunyai cita-cita tinggi, bersemangat, ingin mencapai ketidak tergantungan emosional.
      Karakteristik jiwa beragama pada masa remaja :
1.      Kecanggungan dalam pergaulan.
2.      Ketidakstabilan  emosi.
3.      Adanya perasaan kosong akibat perombakan pandangan dan petunjuk hidup.
4.      Adanya sikap menentang dan menantang orang tua.
5.  Pertentangan di dalam dirinya sering menjadi pangkal penyebab pertentangan dengan orang tuanya.
6.      Kegelisahan karena banyak hal yang diinginkan tetapi tidak sanggup memenuhinya.
7.      Senang bereksperimentasi.
8.      Senang bereksplorasi.
9.      Mempunyai banyak fantasi.
10.   Kecenderungan membentuk kelompok dan kegiatan berkelompok.

      Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap keberagamaan
1.      Percaya ikut-ikutan.
2.      Percaya dengan kesadaran
3.      Tidak percaya pada tuhan atau cenderung atheis.


C.    PERKEMBANGAN JIWA BERAGAMA PADA MASA DEWASA

1.    Masa dewasa awal masalah yang dihadapi adalah memilih arah hidup yang akan diambil dengan menghadapi godaan berbagai kemungkinan pilihan.
2.  Masa dewasa tengah yaitu sudah mulai menghadapi tantangan hidup, sambil memantapkan tempat dan mengembangkan filsafat untuk mengolah kenyataan yang tidak disangka-sangka.
3.      Masa dewasa akhir yaitu ciri utamanya pasrah.

Pada masa ini, perkembangan jiwa beragama terbentuk ”konversi agama” yaitu terjadinya suatu perubahan keyakinan yang berlainan arah dengan keyakinan semula. Dengan demikian sikap keagamaan seseorang pada masa ini sulit diubah dan andai terjadi perubahan maka itu telah melalui pertimbangan yang matang.

Karakteristik jiwa beragama pada masa dewasa adalah :
1.   Menerima kebenaran agama berdasarkan pertimbangan pemikiran yang matang bukan sekedar ikut-ikutan.
2. Cenderung bersifat realistis, sehingga norma-norma agama lebih banyak diaplikasikan dalam sikap dan tingkah laku.
3.  Bersikap positif terhadap ajaran dan norma-norma agama dan berusaha untuk mempelajari dan memperdalam agama.
4.      Tingkat ketaatan beragama didasarkan atas pertimbangan dan tanggung jawab diri sehingga sikap keberagamaan merupakan realisasi dari sikap hidup.
5.      Bersikap lebih terbuka dan wawasan yang lebih luas.
6.   Bersikap lebih kritis terhadap materi ajaran agama sehingga kemantapan beragama selain didasarkan atas pertimbangan pikiran juga atas pertimbangan hati nurani.
7.   Sikap keberagamaan cenderung mengarah kepada tipe-tipe kepribadian masing-masing sehingga terlihat adanya pengaruh kepribadian dalam menerima, memahami serta melaksanakan ajaran agama yang diyakininya.
8.  Terlihat adanya hubungan antar sikap keberagamaan dengan kehidupan sosial, sehingga perhatian terhadap kepentingan organisasi sosial keagamaan sudah berkembang.

Faktor yang mempengaruhi sikap keberagamaan :
1.      Faktor diri sendiri yaitu kapasitas diri dan pengalaman.
2.  Faktor dari luar yaitu kondisi dan situasi lingkungan yang tidak banyak memberikan kesempatan untuk berkembang, yaitu meliputi tradisi agama, pendidikan yang diterima, masyarakat yang sudah dikuasai tradisi tertentu dan berjalan secara turun temurun.


SUMBER = http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/09/resume-materi-psikologi-dakwah_26.html


MATERI TERKAIT:

Judul: RESUME MATERI PSIKOLOGI DAKWAH : PERKEMBANGAN JIWA BERAGAMA PADA MASA KANAK-KANAK, REMAJA DAN DEWASA
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh : mas mahmud
Terima kasih, Anda telah berkunjung di blog ini dan membaca makalah RESUME MATERI PSIKOLOGI DAKWAH : PERKEMBANGAN JIWA BERAGAMA PADA MASA KANAK-KANAK, REMAJA DAN DEWASA . Jika ingin menyalin harap ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri atau menyertakan link URL ini : http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/09/resume-materi-psikologi-dakwah_26.html, Terima kasih atas perhatiannya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger