SELAMAT DATANG di blog "mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com", SEMOGA BERMANFAAT apa-apa yang kami tuliskan di sini ...,"Selamat Berkarya", Semoga Tuhan Merahmati Kehidupan Kita Dengan Kesehatan, Cinta Yang Mendamaikan, Rezeki Yang Penuh Berkah, Dalam Usia Yang Panjang Dan Bahagia. Aamiin. "

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERBASIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)


Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ Semester           : VI/ I
Alokasi Waktu            : 2 X 40 menit
Satuan Pendidikan      : SMP
Standar Kompetensi   :  4.      Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar       : 4.1.  Menjelaskan pengertian tawadhu,    ta’at, qana’ah dan sabar
4.2          Menampilkan contoh-contoh perilaku  tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar
4.3          Membiasakan perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar

Indikator                    : 4.1.1. Mendefinisikan pengertian tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar dari segi bahasa dan istilah.
4.1.2. Mengamati dan mencermati perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar
4.1.2. Memperagakan perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar

I.       TUJUAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa/ i dapat :
1.      Mendefinisikan pengertian tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar dari segi bahasa dan istilah.
2.      Mengamati dan mencermati perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar
3.  Memperagakan dan mengamalkan perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar dalam kehidupan sehari-hari.
II.    POKOK-POKOK MATERI

Perilaku terpuji (tawadhu, taat, qanaah dan sabar)

III. STRATEGI PEMBELAJARAN

Ceramah (lecturing), tanya jawab, demonstrasi, diskusi, penugasan, video critic.
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.      Kegiatan Awal

Deskripsi Kegiatan
Strategi
Waktu
Sumber/ bahan/ alat/ Kebutuhan
Guru Masuk kelas, duduk, dan mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan membaca basmalah (berdoa).
Ceramah (lecturing)
1 menit
Meja, kursi, ucapan salam dan bacaan basmalah.
Guru mengabsensi siswa.

Ceramah (lecturing)
5 menit
Absensi siswa, bolpoin.
Guru memotivasi siswa untuk melibatkan diri dalam kegiatan pembelajaran.
Ceramah (lecturing)
5 menit
Kata-kata motivasi, contoh-contoh pengalaman nyata yang memberi semangat untuk belajar.
Guru melakukan tes penjajagan (pre tes) dan mengidentifikasi keadaan siswa
Tanya jawab kuis


5 menit
Pertanyaan yang relevan dengan materi.



Guru mengingatkan pelajaran yang telah diterima dan mengaitkan pada pelajaran baru (Appersepsi)
Ceramah (lecturing)
5 menit
LKS PAI SMP kelas VII  semester I
Guru memberi penjelasan singkat tentang tujuan dan proses pembelajaran yang akan dijalani siswa.

Ceramah (lecturing)
4 menit
SK dan KD PAI SMP  kelas VII  semester I


B.     Kegiatan Inti

Deskripsi Kegiatan
Strategi
Waktu
Sumber/ bahan/ alat/ Kebutuhan
Guru memberi penjelasan tentang pengertian tawadhu, ta’at,   qana’ah dan sabar dari segi bahasa dan istilah. dan memberikan contoh, guru memberikan penguatan






Ceramah (lecturing),
Tanya jawab













10 menit



SK dan KD PAI SMP  kelas VII 
Semester I
Spidol, papan tulis
Guru memutarkan film tentang perilaku terpuji untuk diamati dan dicermati siswa dan di kritisi dan didiskusikan
Video critic, Diskusi,


20 menit
LCD, proyektor, lap top, meja, kursi,

Guru memberi instruksi pada siswa untuk  memeragakan dan mendemonstrasikan perilaku terpuji yang telah dilihat siswa dan menyimpulkan. Guru mengklarifikasi.
Demonstrasi






15 menit
Meja, kursi,

C.    Kegiatan Penutup

Deskripsi Kegiatan
Strategi
Waktu
Sumber/ bahan/ alat/ Kebutuhan
Guru Menyimpulkan pelajaran
(refleksi)


Ceramah (lecturing)



5  menit
SK dan KD PAI SMP  kelas VII 
Semester I
Spidol, papan tulis
Memberi tindak lanjut berupa pemberian tugas (pekerjaan rumah)

Penugasan (pemberian tugas)

4 menit
-Soal-soal PAI SMP kelas VII semester I
Mengakhiri pelajaran dan menutup dengan salam

Ceramah (lecturing)
1 menit
Bacaan hamdalah dan salam


V.    SUMBER/ BAHAN/ ALAT

Meja, kursi, ucapan salam dan bacaan basmalah, Absensi siswa, bolpoin, Kata-kata motivasi, contoh-contoh pengalaman nyata yang memberi semangat untuk belajar, LKS PAI SMP  kelas VII  semester I, buku-buku pengayaan/ penunjang  pelajaran PAI, Soal-soal pilihan ganda, Spidol, papan tulis, LAP TOP, LCD/ proyektor.
PENILAIAN

LAMPIRAN INSTRUMEN PENILAIAN

a.    KOGNITIF (tes lisan / tulis)
1.   Uraian

No
ITEM SOAL
Bobot
Catatan
01.
Apa definisi tawadhu, taat, qanaah, sabar dari segi bahasa dan istilah?
5

02.
Sebutkan contoh perilaku tawadhu, taat, qanaah, sabar dalam kehidupan sehari-hari.
5


2.   Pilihan ganda

Berilah tanda silang (X) salah satu huruf a, b, c, d pada jawaban yang benar!
1.   Seseorang yang memiliki sifat tawadhu akan terhindar dari sifat  :
      a. rendah hati                    b. qanaah
      c. congkak                         d. Syajaah

2.   Sederhana dan menerima apa adanya adalah arti dari :
      a. tawadhu                        b. taat
      c. sabar                              d. qanaah

3.   Orang yang sabar akan menyadari bahwa segala musibah itu datangnya dari :
      a. Allah SWT                    b. banyaknya curah hujan
      c. kesalahan manusia         d. pawang

4.   Orang yang qanaah dalam hidupnya akan selalu merasakan :
      a. kebimbangan                 b. kedzaliman
      c. kegundahan                   d.  ketenangan                                                                                                            


Kriteria Penilaian
80-100
Sangat Baik
70-79
Baik
60-69
Cukup
50-59
Kurang
0-49
Sangat Kurang
                                                       



                                                                                                                                                 Ponorogo, 28  April  2009
                  Mengetahui                                             Penyusun
                  Kepala  SMP                                         Guru mata pelajaran




Catatan : …………………………………………………………………………
             : …………………………………………………………………………

LAMPIRAN
o   Lembar analisis KKM setiap indikator
o   Instrumen Penilaian lengkap dengan soal, jawaban dan rubrik penilaian
o   Hand out materi
o   Lembar instrumen perekam kegiatan pembelajaran


Mengetahui                                                                 Ponorogo,
Guru Pamong                                                              Nama Mahasiswa PPLK II





_______________                                                      ______________________
NIP                                                                             NIM




LAMPIRAN KUNCI JAWABAN
A.        TES TULIS
1.  Dari segi bahasa, tawadhu  berarti rendah hati Sedangkan dari segi istilah, tawadhu ialah sikap merendahkan diri dengan menghargai orang lain tetapi tidak merasa dirinya rendah. Dari segi bahasa, taat  berarti menurut Sedangkan dari segi istilah, taat ialah melaksanakan perkara yang diperintahkan dan menjauhi perkara yang dilarang oleh syariat Islam atau ajaran Allah dan ajaran Rasulullah saw. Dari segi bahasa, qanaah berarti merasa cukup. Sedangkan dari segi istilah,  ialah sikap rela menerima atau merasa cukup dengan apa yang telah dimiliki serta menjauhkan diri dari sifat tidak puas serta selalu merasa kekurangan yang berlebih-lebihan. Dari segi bahasa, sabar  berarti teguh hati tanpa mengeluh dalam menghadapi berbagai cobaan dan ujian.Sedangkan dari segi istilah, sabar ialah tahan uji dalam menghadapi suka dan duka dengan ridlo dan ikhlas serta berserah diri kepada Allah.
2.  contoh tawadhu : banyak memberi salam, bersenda gurau dengan anak-anak, sopan dalam tutur kata, dan lain-lain. Taat : sholat 5 waktu, puasa, membaca Al Qur’an, dan lain-lain. Qanaah :merasa bahagia dengan apa yang diterimanya, berterima kasih, dan lain-lain. Sabar : menyiarkan agama Alloh, mendapat cobaan dari Alloh, dan lain-lain.

B.         PILIHAN GANDA
1.            c                    3.     a
2.           d                    4.     d

SUMBER = http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/07/rencana-pelaksanaan-pembelajaran-rpp.html




MATERI TERKAIT:

Judul: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERBASIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh : mas mahmud
Terima kasih, Anda telah berkunjung di blog ini dan membaca makalah RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERBASIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK). Jika ingin menyalin harap ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri atau menyertakan link URL ini : http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/07/rencana-pelaksanaan-pembelajaran-rpp.html, Terima kasih atas perhatiannya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger