SELAMAT DATANG di blog "mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com", SEMOGA BERMANFAAT apa-apa yang kami tuliskan di sini ...,"Selamat Berkarya", Semoga Tuhan Merahmati Kehidupan Kita Dengan Kesehatan, Cinta Yang Mendamaikan, Rezeki Yang Penuh Berkah, Dalam Usia Yang Panjang Dan Bahagia. Aamiin. "

RINGKASAN MATERI METODE PENELITIAN PENGERTIAN, KARAKTERISTIK, JENIS-JENIS, PENELITIAN MENURUT TUJUAN, JENIS DATA DAN TINGKAT EKSPLANASI


A.     Pengertian Metode Penelitian

Penelitian (research) pada hakikatnya adalah upaya sistematis untuk memperoleh pengetahuan yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh peneliti.
Metode penelitian sebagai upaya yang sistematis membantu setiap orang yang berusaha untuk mendapatkan pengetahuan dengan cara yang benar, yang biasa disebut juga dengan cara ilmiah.
Cara ilmiah adalah suatu kegiatan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dengan dilandasi metode keilmuan.
Menurut Jujun S. Sumantri (1995) metode keilmuan adalah gabungan antara pendekatan yang rasional dan empiris. Pendekatan rasional memberikan kerangka berfikir yang koheren dan logis. Sedangkan pendekatan empiris memberikan kerangka pengujian (verifikasi) dalam memastikan suatu kebenaran.

B.    Karakteristik Proses Penelitian

Karakteristik proses penelitian diantaranya :

1.  Penelitian harus sistematis.  Langkah-langkah yang sistematis dalam penelitian akan tergantung pada pendekatan, metode strategi yang digunakan dalam penelitian.

2.  Penelitian harus logis. Langkah-langkah penelitian yang sistematis menuntut adanya konsekuensi bahwa hierarki-hierarki / bagian-bagian yang ada di dalamnya harus logis dan setiap bagiannya.

3.  Penelitian harus empiris. Penelitian yang berkaitan dengan objek nyata maka kebenarannya harus dapat diindera oleh panca indera secara objektif.

4.  Penelitian mempunyai sifat reduktif. Jika penelitian menggunakan prosedur yang analitik untuk mendapatkan data, maka sebenarnya peneliti itu telah mereduksi (mengurangi) berbagai kebing8ngan tentang suatu fenomena, kejadian atau masalah.


C.    Jenis-Jenis Penelitian

Jenis-jenis penelitian dapat dikelompokkan menurut tujuannya, jenis datanya, tingkat eksplanasinya/ kejelasannya dan sifat pendekatannya.
1.  Menurut tujuannya terdiri dari penelitian murni dan penelitian terapan.
2.  Menurut jenis datanya terdiri dari penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif.
3. Menurut tingkat eksplanasinya terdiri dari penelitian deskriptif, penelitian korelatif atau assosiatif dan penelitian komparatif.
4.Menurut sifat pendekatannya terdiri dari penelitian historis, penelitian deskriptif, penelitian perkembangan, penelitian kasus, penelitian korelasional, penelitian hubungan sebab akibat, penelitian eksperimen dan penelitian tindakan.

D.    Penelitian Menurut Tujuannya

1.  Penelitian murni bertujuan untuk peningkatan pengetahuan ilmiah tanpa memperhatikan kegunaannya yang bersifat praktis. Penelitian ini pada umumnya dilakukan di laboratorium yang kondisinya terkontrol dengan teliti dan ketat. Contoh dari penelitian murni adalah “Pengaruh pemberian pupuk organik terhadap pertumbuhan daun tanaman hias Hukeri”.

2. Penelitian terapan dilakukan dengan tujuan menerapkan, menguji dan mengevaluasi kemampuan suatu teori yang diterapkan dalam memecahkan masalah praktis. Contoh dari penelitian praktis adalah  “Pengaruh aplikasi pembelajaran aktif terhadap peningkatan kompetensi siswa”.

E.     Penelitian Menurut Jenis Datanya

Penelitian menurut jenis data terdiri dari :

1.  Penelitian kualitatif. Data kualitatif adalah data yang berbentuk kata, kalimat, skema dan gambar. Contoh “Peningkatan Kompetensi Guru Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Nurul Istiqomah Jaya Pura”.

2.  Penelitian kuantitatif. Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan. Contoh “Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Di Perusahaan Minyak Goreng Gurih”.

F.     Penelitian Menurut Tingkat Eksplanasinya

Penelitian menurut tingkat eksplanasinya terdiri dari  :

1.  Penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan terhadap variabel yang mandiri. Contoh “Pola Komunikasi Antar Guru Di Sekolah Menengah Pertama X”. Pola komunikasi guru adalah penelitian deskriptif yang bersifat mandiri.

2.  Penelitian komparatif, yaitu suatu penelitian yang bersifat membandingkan. Contoh “Perbedaan Kreatifitas Mengajar Antara Guru Lulusan Perguruan Tinggi Agama Dan Guru Lulusan Perguruan Tinggi Umum Di Madrasah Aliyah Khoirul Ummah”.

3.  Penelitian assosiatif, yaitu penelitian yang mencari hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lain. Contoh “Hubungan Krisis Ekonomi Dengan Kesempatan Belajar Usia SMP Di Kabupaten Madiun”.

Sumber : Metodologi Penelitian
http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2013/04/ringkasan-materi-metode-penelitian.html



MATERI TERKAIT:

Judul: RINGKASAN MATERI METODE PENELITIAN PENGERTIAN, KARAKTERISTIK, JENIS-JENIS, PENELITIAN MENURUT TUJUAN, JENIS DATA DAN TINGKAT EKSPLANASI
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh : mas mahmud
Terima kasih, Anda telah berkunjung di blog ini dan membaca makalah RINGKASAN MATERI METODE PENELITIAN PENGERTIAN, KARAKTERISTIK, JENIS-JENIS, PENELITIAN MENURUT TUJUAN, JENIS DATA DAN TINGKAT EKSPLANASI. Jika ingin menyalin harap ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri atau menyertakan link URL ini : http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2013/04/ringkasan-materi-metode-penelitian.html, Terima kasih atas perhatiannya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger