SELAMAT DATANG di blog "mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com", SEMOGA BERMANFAAT apa-apa yang kami tuliskan di sini ...,"Selamat Berkarya", Semoga Tuhan Merahmati Kehidupan Kita Dengan Kesehatan, Cinta Yang Mendamaikan, Rezeki Yang Penuh Berkah, Dalam Usia Yang Panjang Dan Bahagia. Aamiin. "

HAKEKAT WUDHU DAN MANFAAT MENJAGA WUDHU


Oleh Imam Puji Hartono

A.     HAKEKAT WUDHU

Wudhu adalah salah satu cara mensucikan anggota tubuh dengan air. Seorang muslim diwajibkan bersuci setiap akan melaksanakan shalat atau thawaf di Baitullah, sebagaimana firman Allah SWT dan hadits berikut :
"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat maka basuhlah mukamu, kedua tanganmu sampai siku dan sapulah kepalamu serta basuhlah kedua kakimu sampai mata kaki." (Q.S. Al-Maidah : 6).
Rasulullah saw bersabda: “Salat salah seorang di antara kalian tidak akan diterima apabila ia berhadas hingga ia berwudu." (HR. Bukhari).
Salah satu hal yang disukai rasulullah adalah menjaga wudhu, sebagaimana diriwayatkan dalam HR.Bukhari dan Muslim no.132 & 363, Abu Hurairah ra. berkata : Aku pernah mendengar Nabi SAW bersabda : “Sesungguhnya pada hari kiamat nanti umatku akan dipanggil dalam keadaan putih cemerlang dari bekas wudhu’. Barang siapa yang mampu untuk memanjangkan tempat basuhan kepalanya, maka kerjakanlah hal itu.”
Berwudu sebelum membaca Al-Qur'an, saat hendak tidur, dan perbuatan baik lainnya hukumnya adalah sunnat, dan hukumnya makruh saat akan tidur atau hendak makan dalam keadaan junub.
Sahabatku,
Mari renungkan, mengapa kita diwajibkan berwudhu sebelum shalat dengan membasuh muka, tangan, kepala dan kaki oleh Allah yang dinyatakan dalam Al-Quran ?
Nabi Saw bersabda dalam sebuah hadist bahwa berwudhu akan memberikan makna kesucian bagi setiap anggota tubuh yang dibasuh atau diusap.
Rasul Saw bersabda, “ Apabila seorang hamba Allah berwudhu, lalu ia berkumur-kumur, maka keluarlah segala dosa dari mulutnya. Apabila ia mencuci hidung maka keluar pula-lah dosa-dosa melalui hidungnya. Apabila ia mencuci muka, maka keluarlah dosa-dosa dari wajahnya melalui pelupuk matanya. Apabila ia membasuh tangannya, maka keluarlah dosa-dosa dari tangannya melalui bawah kukunya. Apabila ia mengusap kepala, maka keluarlah dosa dari kepalanya melalui lubang telinganya. Dan apabila membasuh kaki, maka keluarlah dosa-dosa dari kakinya melalui bawah kuku kakinya. Kemudian berjalannya ke Masjid dan shalatnya menjadi amalan sunnah baginya”. *HR Abu Dawud dan Ibnu Majah)

B.    MANFAAT MENJAGA WUDHU

Menjaga wudhu adalah mengusahakan agar diri kita selalu suci dengan cara selalu berwudhu setiap kali wudhunya batal walaupun tidak sedang akan shalat.
Menjaga wudhu bukan sebuah hal yang sulit ketika kita membiasakannya dan kemudian kelak menjadi kebiasaan yang sehat dan dianjurkan syariat. Ketika kita memiliki wudhu dan kita berniat menjaganya, tentu kita akan hati-hati dengan hal hal yang membatalkannya dengan objective bahwa kita harus menjaganya hingga waktu shalat berikutnya.
Manfaat lain yang sangat harus kita sadari adalah, ketika kita masih memiliki wudhu dan adzan waktu shalat berikutnya kemudian berkumandang kita akan 'bahagia' dan rasa itu mendorong kita, serta mengusir rasa enggan untuk shalat di waktunya. Atau setidaknya fikiran kita terfokus ke sana yaitu shalat.
Alangkah indahnya seorang pribadi muslim/ muslimah yang menjadikan waktu-waktu shalat sebagai tujuan yang dinanti kedatangannya.
Ketika kita membiasakan diri menjaga wudhu kita, kita akan merasa sayang atau merasa risih jika melakukan hal-hal yang bersifat maksiat baik kepada manusia atau kepada Allah sendiri karena kita merasa punya wudhu.
Dengan menjaga wudhu, maka secara otomatis diri kita akan terjaga dan Allah menjaga kita karena kita telah menjaganya.
Dengan menjaga wudhu, maka kita akan teringat ketika mata kita mulai terpikat hal yang menimbulkan syahwat, karena kita merasa punya wudhu.
Dengan menjaga wudhu, maka kita akan merasakan dekat dengan Rabb kita, yang akan menimbulkan sikap optimis seorang muslim. Jiwa akan selalu segar dan tegar karena dekat dengan Allah.
Dengan menjaga wudhu, maka kita tidak akan ragu untuk memegang dan membaca mushaf Al Quran yang kita jumpai di manapun.
Dengan menjaga wudhu, maka kita akan lebih mudah untuk shalat tepat waktu dan secara reflex telinga kita 'mendengar' panggilan Adzan untuk shalat. Hati kita akan dengan lebih mudah terpanggil, sekali lagi, karena kita merasa punya wudhu.
Tentang hadist yg menyatakan tentang keutamaan menjaga wudhu, Rasulullah Saw bersabda,
“Istiqomahlah kalian, walaupun kalian tidak akan mampu melakukannya secara hakiki (namun berusahalah mendekatinya), dan ketahuilah sebaik-baik amalan kalian adalah sholat, dan tidaklah ada yang MENJAGA WUDHU kecuali dia seorang mukmin.” [HR. Al-Hakim dan Ibnu Hibban dari Tsauban radhiyallahu’anhu, dishahihkan Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’: 952]

Wallahua’lam bissaawab.

Semoga kita dan anak-anak keturunan kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang senantiasa menjaga wudhunya dan senantiasa menjaga kesuciannya dari dosa. Aamiin Yaa Rabbal alamiin.

Semangat Pagi Sahabatku, selamat beraktifitas di Kamis yang cerah ini, Jangan lupa untuk saling berlomba dalam kebaikan dan saling berpesan dalam kebenaran dan kesabaran. Baraka Allah fikum. Aamiin.

Semoga Shalawat dan salam senantiasa tercurah bagi junjungan kita Baginda Nabi Muhammad Saw berserta keluarganya dan para Sahabatnya yang mengikutinya.


SUMBER = http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2013/03/hakekat-wudhu-dan-manfaat-menjaga-wudhu.html


MATERI TERKAIT:

Judul: HAKEKAT WUDHU DAN MANFAAT MENJAGA WUDHU
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh : mas mahmud
Terima kasih, Anda telah berkunjung di blog ini dan membaca makalah HAKEKAT WUDHU DAN MANFAAT MENJAGA WUDHU. Jika ingin menyalin harap ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri atau menyertakan link URL ini : http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2013/03/hakekat-wudhu-dan-manfaat-menjaga-wudhu.html, Terima kasih atas perhatiannya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger