SELAMAT DATANG di blog "mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com", SEMOGA BERMANFAAT apa-apa yang kami tuliskan di sini ...,"Selamat Berkarya", Semoga Tuhan Merahmati Kehidupan Kita Dengan Kesehatan, Cinta Yang Mendamaikan, Rezeki Yang Penuh Berkah, Dalam Usia Yang Panjang Dan Bahagia. Aamiin. "

BERKENALAN DENGAN PSIKOLOGI : PEMBAGIAN DAN KEGUNAAN/ MANFAAT PSIKOLOGI


A.     PEMBAGIAN PSIKOLOGI  

Ditinjau dari segi objeknya, psikologi dibedakan dalam dua golongan besar yaitu :

1.  Psikologi yang menyelidiki dan mempelajari manusia.
2.  Psikologi yang menyelidiki dan mempelajari hewan.

Adapun psikologi yang berobjekkan manusia dibagi menjadi dua yaitu :

a.  Psikologi umum. Psikologi umum yaitu ilmu yang mempeajari gejala-gejala kejiwaan manusia dewasa yang normal dan beradab, atau psikologi yang menyelidiki dan mempelajari kegiatan atau aktifitas psikis manusia.

b.  Psikologi khusus. Psikologi khusus yaitu ilmu yang mempelajari sifat-sifat khusus dari gejala-gejala kejiwaan manusia. Jadi menyelidiki sifat-sifat yang berada pada manusia seperti berbeda umur, kelamin, lapangan hidup dan lain-lain.

Yang termasuk psikologi khusus yaitu :

1).  Psikologi Perkembangan yaitu psikologi yang membicarakan perkembangan psikis manusia dari masa bayi sampai masa tua atau ilmu yang mempelajari bagaimana terjadi dan berkembangnya kehidupan jiwa anak-anak normal.
Psikologi  ini mencakup :
a).    Psikologi anak.
b).    Psikologi puber dan adolosensi (psikologi pemuda).
c).    Psikologi orang dewasa.
d).    Psikologi orang tua.

2).  Psikologi Sosial yaitu psikologi yang khusus membicarakan tingkah laku atau aktifitas-aktifitas manusia dalam hubungannya dengan situasi sosial.

3).  Psikologi Pendidikan yaitu psikologi yang khusus menguraikan kegiatan atau aktifitas manusia dalam hubungannya dengan situasi pendidikan, misalnya bagaimana cara menarik perhatian siswa agar pelajaran dapat dengan mudah diterima, bagaimana cara belajar, dan sebagainya.

4).  Psikologi Kepribadian Dan Tipologi yaitu psikologi yang khusus menguraikan struktur pribadi manusia, mengenai tipe-tipe kepribadian manusia.

5).    Psikopatologi yaitu psikologi yang khusus mempelajari penyakit-penyakit jiwa atau kelainan-kelainan jiwa seseorang (keadaan psikis yang tak normal/ abnormal).

6). Psikologi Kriminal yaitu psikologi yang khusus mempelajari soal-soal yang berhubungan dengan kejahatan/ kriminal.

7).    Psikologi Perusahaan yaitu psikologi yang khusus berhubungan dengan soal-soal perusahaan.

8). Psikologi (Ilmu Watak/ Karakterologi) yaitu ilmu yang mempelajari watak seseorang/ golongan.

9). Massa-Psikologi yaitu ilmu yang mempelajari gejala-gejala yang terjadi pada himpunan manusia banyak.

10). Psikologi Golongan/ Kemasyarakatan yaitu ilmu yang mempelajari gejala-gejala jiwa dalam golongan hidup, misalnya guru, hakim, buruh, pelajar dan sebagainya.

11). Psikologi Bangsa-Bangsa yaitu ilmu yang mempelajari gejala-gejala dalam tiap-tiap bangsa misalnya bangsa Indonesia, India, Tionghoa, dan sebagainya.


Berdasarkan kegunaan/ tujuannya, psikologi dibagi menjadi dua bagian yaitu :

1.  Psikologi Teoritis, yaitu ilmu yang mempelajari gejala-gejala kejiwaan untuk gejala-gejala itu sendiri. Jadi belum dihubungkan dengan praktek hidup sehari-hari.
2.  Psikologi Praktis, yaitu ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang jiwa untuk digunakan dalam praktek.

Termasuk dalam psikologi praktis yaitu :

a. Psiko-teknik, yaitu teori tentang cara menetapkan pribadi seseorang dan kecakapannya untuk memegang jabatan tertentu.
b.        Psikologi pendidikan, yaitu ilmu yang mempelajari hal ikhwal jiwa untuk keperluan pendidikan.
c.    Psikologi pengobatan, yaitu ilmu yang mempelajari gejala-gejala kejiwaan yang berhubungan dengan penyembuhan penyakit.
d.   Psikologi kriminil, yaitu ilmu yang mempelajari soal-soal yang berhubungan dengan kejahatan.
e.     Psikologi pastoral, yaitu ilmu yang mempelajari cara memimpin pengikut sesuatu agama serta meyakinkan pengikutnya kepada ajaran-ajaran agamanya.
f.          Psikiatri, yaitu ajaran untuk menyembuhkan penyakit jiwa/ urat syaraf.
g.        Psiko-diagnostik, yaitu teori tentang cara menetapkan tanda-tanda penyakit jiwa.
h.        Psiko-therapi, yaitu cara mengobati cacat-cacat jiwa dengan berbagai metode, misalnya sugesti, hypnose, psikoanalisa atau ungkapan-ungkapan jiwa.

B.    KEGUNAAN/ MANFAAT PSIKOLOGI

Setelah mengetahui pembagian psikologi, kini beralih pada kegunaan (manfaat) psikologi. Kegunaan (manfaat) mempelajari psikologi adalah :
1.Untuk memperoleh paham tentang gejala-gejala jiwa dan pengertian yang lebih sempurna tentang tingkah laku sesama manusia  pada umumnya dan anak-anak pada khususnya.
2. Untuk mengetahui perbuatan-pernuatan jiwa serta kemampuan jiwa sebagai sarana untuk mengenal tingkah laku manusia atau anak.
3.  Untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan dengan baik.


Sumber : Psikologi Umum
http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2013/03/berkenalan-dengan-psikologi-pembagian.html


MATERI TERKAIT:

Judul: BERKENALAN DENGAN PSIKOLOGI : PEMBAGIAN DAN KEGUNAAN/ MANFAAT PSIKOLOGI
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh : mas mahmud
Terima kasih, Anda telah berkunjung di blog ini dan membaca makalah BERKENALAN DENGAN PSIKOLOGI : PEMBAGIAN DAN KEGUNAAN/ MANFAAT PSIKOLOGI . Jika ingin menyalin harap ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri atau menyertakan link URL ini : http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2013/03/berkenalan-dengan-psikologi-pembagian.html, Terima kasih atas perhatiannya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger