SELAMAT DATANG di blog "mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com", SEMOGA BERMANFAAT apa-apa yang kami tuliskan di sini ...,"Selamat Berkarya", Semoga Tuhan Merahmati Kehidupan Kita Dengan Kesehatan, Cinta Yang Mendamaikan, Rezeki Yang Penuh Berkah, Dalam Usia Yang Panjang Dan Bahagia. Aamiin. "

MATERI ILMU SOSIAL DASAR (ISD) : MASYARAKAT

MASYARAKAT adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama ditaati dalam lingkungannya. Tatanan kehidupan dan norma-norma yang mereka miliki itulah yang menjadi dasar kehidupan sosial dalam lingkungan mereka, sehingga dapat membentuk suatu kelompok manusia yang memiliki ciri kehidupan yang khas.
            Suatu kelompok masyarakat dapat berupa suatu suku bangsa, bisa juga berlatar belakang dari berbagai suku. Dalam pertumbuhan dan perkembangan suatu masyarakat dapat digolongkan menjadi masyarakat sederhana dan masyarakat maju (masyarakat modern).

1.     Masyarakat sederhana

Ciri-ciri masyarakat sederhana (primitif) yaitu : pola pembagian kerja cenderung dibedakan menurut jenis kelamin, yang berpangkal tolak dari latar belakang adanya kelemahan dan kemampuan fisik antara seseorang wanita dan pria dalam menghadapi tantangan alam yang buas pada saat itu. Contoh : berburu dan menangkap ikan di laut merupakan pekerjaan berat yang menuntut keberanian, ketrampilan serta kemampuan daya tahan fisik yang kuat. Oleh karena itu, kedua bidang pekerjaan ini menjadi monopoli pekerjaan kaum lelaki. Contoh lain menebang pohon, membuka lahan pertanian untuk ladang dan memelihara ternak besar. Sedangkan mengurus rumah tangga, menyusui dan mengasuh anak-anak, merajut, menenun, membuat pakaian adalah pekerjaan seorang perempuan. Contoh lain pekerjaan perempuan adalah membuat barang-barang anyaman seperti keranjang dan mengumpulkan sayuran liar, buah-buahan dan binatang-binatang kerang (M. Amin Sutaarga, 1960:41-42).
Kalau pada saat mengolah tanah pertanian (ladang/ kebun) dikerjakan bersama-sama, maka pekerjaan yang berat-berat seperti membuka lahan, menyingkirkan pohon-pohon yang tumbang dikerjakan oleh orang lelaki. Kaum perempuan mengerjakan yang ringan-ringan, misalnya menyebar benih, menyiangio rumput (Raymond Firth, 1961:120).
Dengan latar belakang seperti tersebut, jelas bahwa antara suami dan istri dan antara sesama istri terjadi pembagian kerja dengan kesepakatan yang dapat diterima satu sama lain.

2.     Masyarakat maju

Ciri-ciri masyarakat maju yaitu : memiliki aneka ragam kelompok sosial/ organisasi kemasyarakatan, yang tumbuh dan berkembang berdasarkan kebutuhan serta tujuan tertentu yang akan dicapai. Organisasi kemasyarakatan tersebut dapat tumbuh dan berkembang sampai pada cakupan nasional, regional atau internasional.
Dalam lingkungan masyarakat maju dapat dibedakan menjadi masyarakat non industri dan masyarakat industri.

a.  Masyarakat non industri

Organisasi kemasyarakatan non industri dapat digolongkan menjadi dua kelompok yaitu kelompok primer dan kelompok sekunder.

1).    Kelompok primer

Ciri-ciri kelompok primer yaitu interaksi antar anggota terjalin lebih intensif, lebih erat, lebih akrab. Anggota kelompok sering berdialog, bertatap muka. Sikap interaksi dalam kelompok primer bercorak kekeluargaan dan lebih berdasarkan simpati. Pembagian kerja/ pembagian tugas yang dilimpahkan pada kelompok diterima secara sukarela, tidak secara terpaksa dan dengan kesadaran, tanggung jawab. Contoh kelompok primer : keluarga, RT, kelompok belajar, kelompok agama.

2).    Kelompok sekunder

Ciri-ciri kelompok sekunder yaitu antara anggota kelompok sekunder terpaut saling berhubungan tak langsung, formal, kurang bersifat kekeluargaan. Pembagian kerja, sifat interaksi antara anggota kelompok diatur berdasarkan pertimbangan-pertimbangan rasional, obyektif. Para anggota menerima pembagian kerja/ tugas berdasar kemampuan, keahlian tertentu dan dedikasi. Karena hal tersebut diperlukan untuk mencapai target dan tujuan tertentu yang telah di flot dalam program-program yang sama-sama telah disepakati. Contoh kelompok sekunder : partai politik, perhimpunan serikat kerja (buruh), organisasi profesi.
Di dalam kelompok ini dikenal kelompok resmi dan kelompok tidak resmi. Inti perbedaan  yang terjadi adalah : kelompok tidak resmi tidak berstatus resmi dan tidak didukung oleh Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Sedangkan kelompok resmi sebaliknya dari kelompok tidak resmi.
Namun demikian, kelompok tidak resmi juga mempunyai pembagian kerja, peranan-peranan, serta hierarki tertentu, norma-norma tertentu sebagai pedoman tingkah laku para anggota beserta konvensi-konvensinya, tetapi hal ini tidak dirumuskan secara tegas dan tertulis seperti pada kelompok resmi (W.A. Gerungan, 1980:91). Contoh : semua kelompok sosial, perkumpulan-perkumpulan/ organisasi. Organisasi kemasyarakatan yang memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga adalah kelompok resmi. Jika sebaliknya, disebut kelompok tidak resmi.

b.  Masyarakat industri

Jika pembagian kerja bertambah kompleks maka itu suatu tanda bahwa kapasitas masyarakat semakin tinggi. Solidaritas didasarkan pada hubungan saling ketergantungan antar kelompok-kelompok masyarakat yang telah mengenal pengkhususan. Otonomi sejenis menjadi ciri dari bagian/ kelompok masyarakat industri. Otonomi sejenis dapat diartikan dengan kepandaian/ keahlian khusus yang dimiliki seseorang secara mandiri, sampai pada batas-batas tertentu. Contoh tukang roti, tukang sepatu, tukang bubut, tukang las, ahli mesin, ahli listrik dan ahli dynamo. Mereka  dapat bekerja secara mandiri. Dengan timbulnya spesialisasi fungsional, makin berkurang pula ide-ide kolektif untuk diekspresikan dan dikerjakan bersama.


Sumber :   http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/12/materi-ilmu-sosial-dasar-isd-masyarakat.html

MATERI TERKAIT:

Judul: MATERI ILMU SOSIAL DASAR (ISD) : MASYARAKAT
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh : mas mahmud
Terima kasih, Anda telah berkunjung di blog ini dan membaca makalah MATERI ILMU SOSIAL DASAR (ISD) : MASYARAKAT. Jika ingin menyalin harap ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri atau menyertakan link URL ini : http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/12/materi-ilmu-sosial-dasar-isd-masyarakat.html, Terima kasih atas perhatiannya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger