SELAMAT DATANG di blog "mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com", SEMOGA BERMANFAAT apa-apa yang kami tuliskan di sini ...,"Selamat Berkarya", Semoga Tuhan Merahmati Kehidupan Kita Dengan Kesehatan, Cinta Yang Mendamaikan, Rezeki Yang Penuh Berkah, Dalam Usia Yang Panjang Dan Bahagia. Aamiin. "

REVIEW MATERI METODOLOGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) : ASAS-ASAS PEMBELAJARAN, MANAJEMEN DIRI, TIPE/ MACAM-MACAM GAYA BELAJAR


METODE PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

ØMETODE  adalah cara yang terbaik untuk mencapai tujuan / secara efektif dan efisien
ØSTRATEGI adalah langkah-langkah yang sangat aplikatif

PENDEKATAN lebih luas dari pada METODE
METODE lebih luas dari pada STRATEGI

MACAM-MACAM METODE :
A. UMUM/ PAI contoh – metode ceramah, diskusi, tanya jawab, karya wisata, demonstrasi, eksperimen, sosiodrama, drill, resitasi (pemberian tugas), cerita dan lain-lain.
B. KHUSUS UNTUK PAI contoh – metode sorogan, bandongan, wetonan, mudzakaroh (bahsul masail), hiwar, targhib dan tarhib, ibroh, amtsal, mauidzoh.


ASAS-ASAS PEMBELAJARAN

ASAS adalah dasar / prinsip-prinsip umum yang harus dikuasai guru dalam proses belajar mengajar. Atau dasar / tumpuan berfikir yang digunakan guru / pendidik untuk mengaplikasikan berbagai proses belajar mengajar.
Asas diantaranya :
1. ASAS PERAGAAN yaitu cara yang dilakukan oleh guru dengan maksud memberikan           kejelasan secara realita sehingga dapat dimengerti dan dipahami oleh siswa.
2.  ASAS MINAT DAN PERHATIAN
3. ASAS MOTIVASI yaitu keadaan internal organisme__baik manusia ataupun       hewan___yang mendorongnya untuk berbuat sesuatu. Atau pemasok daya untuk bertingkah           laku secara terarah.
4. ASAS AKTIVITAS yaitu belajar itu hanya berhasil bila melalui bermacam-macam       kegiatan/ aktivitas baik jasmani atu rokhani.
5. ASAS APERSEPSI yaitu bersatunya memori yang lama dengan yang baru pada saat   tertentu.
6. ASAS KORELASI DAN KONSENTRASI. KORELASI adalah hubungan antara  satu        mata pelajaran dengan yang lain yang berfungsi menambah kematangan pengetahuan yang dimiliki siswa. Dengan  adanya  asas  korelasi  diharapkan   dapat   menimbulkan       konsentrasi siswa sehingga membangkitkan minat dan perhatian dalam belajar.
7.      ASAS KOOPERASI yaitu belajar atau bekerja bersama (kelompok).
8.  ASAS INDIVIDUALISASI yaitu dilatar belakangi oleh adanya perbedaan siswa baik       dalam menerima, memahami, menghayati, menganalisis dan kecepatan dalam mengikuti       pelajaran yang diberikan guru.
9.   ASAS EVALUASI yaitu ukuran dan penilaian hasil belajar yang dilakukan dalam PBM        untuk mengetahui tercapainya tujuan pengajaran


MANAJEMEN DIRI DALAM PEMBELAJARAN

MANAJEMEN DIRI adalah ketrampilan yang dapat membantu seseorang untuk mendapatkan tujuan yang hendak dicapai dengan menggunakan potensi diri dan hal-hal yang terkait secara personal dengan cara yang efektif dan produktif sesuai kemampuan yang dimiliki.

LANGKAH-LANGKAH MANAJEMEN DIRI (mengelola diri sendiri) :

1.      Merencanakan setiap aktifitas yang dijalaninya.
2.      Menetapkan tujuan yang akan dicapai.
3.      Menjalankan rencana yang disusunnya secara konsisten.
4.      Mengawasi dan menghukum dirinya apabila melanggar.

UNTUK MENCAPAI MANAJEMEN DIRI DALAM PEMBELAJARAN HARUS :

1.      Mampu mengelola kegiatan belajarnya dengan berbagai ketrampilan yang dimiliki.
2.      Adanya perubahan tingkah laku yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
3.  Mampu memperoleh hasil yang sesuai dengan kualitas dan kuantitas seperti yang  diharapkan.
4.      Mampu berinteraksi dengan lingkungannya.

Kegiatan Yang Seharusnya Dilakukan Oleh Siswa :
1.      Kegiatan penyelidikan, membaca, berwawancara, mendengarkan radio, dan lain-lain.
2.      Kegiatan penyajian, laporan, membuat grafik, membuat tabel diskusi.
3.      Kegiatan pelatihan mekanis.
4.      Kegiatan apresiasi, mendengarkan musik, menyaksikan gambar.
5.      Kegiatan observasi, membentuk alat-alat.
6.      Kegiatan ekspresi kreatif, pekerjaan tangan, menggambar, menulis, bercerita, bermain.
7.    Bekerja dalam kelompok, pelatihan dalam tata kerja demokratis, pembagian kerja dalam         kelompok.
8.      Percobaan mengerjakan sesuatu, laboratorium.
9.      Kegiatan mengorganisasi dan menilai, menyeleksi, mengatur dan menilai pekerjaan.

Kegiatan Yang Seharusnya Dilakukan Oleh GURU :

1.      MELAKUKAN PENERAPAN PRINSIP DENGAN :

1.1.       Membuat kelas menjadi nyaman.
1.2.       Melakukan pembelajaran kelompok / group.
1.3.       Membuat metode pengujian siswa yang berbeda-beda.

2. MELAKUKAN PEMBEDAAN PEMBELAJARAN UNTUK SISWA DALAM HAL PRINSIP KECERDASAN DAN GAYA BELAJAR

2.1         Isi pembelajaran.
2.2         Proses pembelajaran.
2.3         Produk / hasil pembelajaran.

3.      MENGACU PADA SISWA
3.1         Kesiapan siswa menerima pelajaran atau pengetahuan apa yang mereka  miliki           sebelumnya.
3.2         Profil pembelajar yang dimiliki siswa.
3.3         Ketertarikan siswa.

GAYA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN

GAYA BELAJAR adalah cara yang dilakukan seseorang dalam menangkap stimulus atau informasi dalam melakukan kegiatan berfikir, memproses dan mengerti sesuatu informasi dalam belajar agar dapat memahaminya.

TIPE-TIPE (MACAM-MACAM) GAYA BELAJAR

1.  GAYA BELAJAR VISUAL adalah gaya belajar dengan melihat, artinya harus melihat dulu buktinya kemudian bisa mempercayainya / memahaminya.
       Ciri-ciri (karakteristik) tipe ini :
1.  Kebutuhan melihat sesuatu.
2.  Memiliki kepekaan yang kuat terhadap warna.
3.  Memiliki pemahaman yang cukup terhadap masalah artistik.
4.  Memiliki kesulitan dalam berdialog secara langsung.
5.  Sulit mengikuti anjuran secara lisan.
6.  Seringkali salah menginterpretasikan kata atau ucapan.
7.  Lebih suka membaca dari pada dibacakan.
8.  Biasanya tidak mudah terganggu oleh keributan atau suara berisik ketika sedang        belajar. 
9.  Lebih mudah mengingat apa yang dilihat dari pada apa yang didengar.
PENDEKATAN YANG DILAKUKAN : adalah menggunakan beragam bentuk grafis untuk menyampaikan informasi atau materi pelajaran, yaitu film, slide, gambar ilustrasi, coretan-coretan, kartu bergambar dan lain-lain.

2.  GAYA BELAJAR AUDITORIAL adalah gaya belajar yang mengandalkan pada pendengaran untuk bisa memahami dan mengingatnya.
            Ciri-ciri (karakteristik) tipe ini :
1.  Sering berbicara sendiri ketika sedang bekerja.
2.  Mudah terganggu oleh keributan atau suara berisik.
3.  Lebih senang mendengarkan (dibacakan) dari pada membaca.
4.  Jika membaca maka lebih senang membaca dengan suara keras.
5.  Mengalami kesulitan untuk menuliskan sesuatu, tetapi sangat pandai dalam bercerita.
6.  Lebih menyukai seni musik dibandingkan dengan lainnya.
7.  Senang berbicara, berdiskusi dan menjelaskan sesuatu dengan panjang lebar.

PENDEKATAN YANG DILAKUKAN : adalah pertama : menggunakan tape sebagai  perekam sebagai alat bantu. kedua : dengan wawancara atau terlibat diskusi kelompok. ketiga : membaca informasi, kemudian diringkas menjadi tulisan dan direkam untuk kemudian didengarkan dan dipahami. keempat : dengan review secara verbal dengan teman atau pengajar.

3.  GAYA BELAJAR KINESTETIS adalah gaya belajar dengan cara menyentuh, bergerak, bermain dengan bersosialisasi, bermain dengan kesendirian.
    Ciri-ciri (karakteristik) tipe ini :

1.  Berbicara dengan perlahan.
2.  Berdiri dekat ketika sedang berbicara dengan orang lain.
3.  Banyak gerak fisik.
4.  Menghafalkan sesuatu dengan cara berjalan atau melihat langsung.
5.  Tidak dapat duduk diam di suatu tempat untuk waktu yang lama.
6.  Menggunakan jari untuk menunjuk kata yang dibaca ketika sedang membaca.
7.  Banyak menggunakan bahasa tubuh.
8.  Anak merasa bisa belajar dengan baik jika berjalan.

PENDEKATAN YANG DILAKUKAN : belajar berdasarkan atau melalui pengalaman dengan menggunakan berbagai model atau peraga, bekerja di laboratorium atau bermain sambil belajar, juga bermain komputer, atau melihat langsung fakta di lapangan.

GAYA-GAYA BELAJAR YANG EFEKTIF yaitu :

1.       Bermain  dengan kata seperti bercerita, membaca, menulis.
2.       Bermain dengan pertanyaan.
3.       Bermain dengan gambar.
4.       Bermain dengan musik.
5.       Bermain dengan gerak.
6.       Bermain dengan bersosialisasi.
7.       Bermain dengan kesendirian.


SUMBER = http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/10/review-materi-metodologi-pembelajaran_17.html



MATERI TERKAIT:

Judul: REVIEW MATERI METODOLOGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) : ASAS-ASAS PEMBELAJARAN, MANAJEMEN DIRI, TIPE/ MACAM-MACAM GAYA BELAJAR
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh : mas mahmud
Terima kasih, Anda telah berkunjung di blog ini dan membaca makalah REVIEW MATERI METODOLOGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) : ASAS-ASAS PEMBELAJARAN, MANAJEMEN DIRI, TIPE/ MACAM-MACAM GAYA BELAJAR . Jika ingin menyalin harap ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri atau menyertakan link URL ini : http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/10/review-materi-metodologi-pembelajaran_17.html, Terima kasih atas perhatiannya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger