SELAMAT DATANG di blog "mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com", SEMOGA BERMANFAAT apa-apa yang kami tuliskan di sini ...,"Selamat Berkarya", Semoga Tuhan Merahmati Kehidupan Kita Dengan Kesehatan, Cinta Yang Mendamaikan, Rezeki Yang Penuh Berkah, Dalam Usia Yang Panjang Dan Bahagia. Aamiin. "

REVIEW MATERI METODOLOGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PENGERTIAN, RUANG LINGKUP, PRINSIP-PRINSIP PENGGUNAAN METODE, PERANAN DAN FUNGSINYA


A.  PENGERTIAN

1.  PENDIDIKAN    : adalah usaha / aktivitas manusia untuk meningkatkan kepribadiannya dengan cara membina potensi-potensinya, yaitu potensi jasmani (panca indera, ketrampilan, skill / motorik, affektif) dan rokhani (karsa, fikir, cipta, cita-cita).
2.  PENGAJARAN           : adalah transformasi (memindahkan / mengalihkan suatu ilmu   pengetahuan). Fokus pada aspek kognitif dan psikomotorik.
3.  BELAJAR                            : adalah proses perubahan tingkah laku (perilaku) dari tidak tahu  menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa.
4.  PEMBELAJARAN           : adalah suatu usaha membelajarkan anak didik (siswa) dengan  memperhatikan lingkungan belajar (fisik, non fisik), karakteristik  anak didik (siswa), karakteristik bidang studi, strategi pembelajaran  (menyiapkan, mengelola, mengorganisasi).
5.  Pendidikan Agama Islam : adalah usaha mendidikkan ajaran islam, biasanya dimasukkan di  sekolah formal.
6.  Pendidikan Keislaman : adalah upaya mendidikkan ajaran islam (nilai-nilai islam) agar   menjadi way of life (bagian hidupnya).
7.  Pendidikan Islam         : adalah sistem pendidikan islam yang mempunyai komponen-komponen lebih kepada sistem pendidikan islam yang secara keseluruhan mendukung sosok muslim yang ideal.

B. RUANG LINGKUP METODOLOGI PEMBELAJARAN PAI
adalah :
1.  Perencanaan Pembelajaran
       adalah kegiatan yang dilakukan sebelum melakukan suatu aktivitas,yaitu kegiatan memilih, menetapkan, mengembangkan metode untuk mencapai hasil yang diinginkan.

2.  Bahan / materi Pembelajaran / Pengajaran
       adalah sesuatu yang diberikan kepada siswa saat berlangsungnya Proses Belajar Mengajar (PBM). Dibedakan atas :
1.  Fakta adalah sejumlah informasi khusus dalam materi yang dianggap penting, terdiri dari terminologi orang,tempat,dan kejadian. Atau kenyataan/bukti berita peristiwa
2.  Konsep adalah suatu abstraksi yang dibentuk oleh generalisasi dari kekhususan-kekhususan. Konsep adalah definisi singkat dari sekelompok fakta atau gejala. Atau rancangan, buram, belum merupakan keputusan.
3.  Prinsip adalah ide utama dan pola skema yang ada dalam materi yang mengembangkan hubungan antara beberapa konsep.
4.  Ketrampilan adalah cakap,cekatan mengerjakan.
5.  Teori adalah seperangkat konstruk atau konsep,definisi dan preposisi yang saling berhubungan,yang menyajikan pendapat sistematik tentang gejala dengan menspesifikasi hubungan-hubungan antara variabel-variabel dengan maksud menjelaskan dan meramalkan gejala tersebut. Atau Pendapat yang dikemukakan sebagai suatu keterangan mengenai suatu peristiwa. Atau Ajaran tentang kaidah-kaidah dasar/azas-azas tentang sesuatu. Atau Pengetahuan tentang  sesuatu   masalah    yang hanya bersifat perenungan saja. Misalnya teori pendidikan dan sebagainya.

3.  Strategi Pembelajaran
       adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus / taktik yang digunakan dalam melaksanakan / praktek di kelas.

4.  Media/alatPembelajaran                                                                                                   adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pengajaran. Lihat dalam Syaiful Bahri Djamarah dan  Aswan Zain, Strategi Belajar   Mengajar, (Jakarta: PT Rineka Cipta,  2002), 137.

5.  Evaluasi
     adalah ukuran dan penilaian hasil belajar yang dilakukan dalam PBM untuk mengetahui    tercapainya tujuan pengajaran.

C. PRINSIP-PRINSIP PENGGUNAAN METODE PENDIDIKAN ISLAM

PRINSIP adalah kebenaran yang dalam dan fundamental atau pedoman tingkah laku manusia yang terbukti mempunyai nilai yang langgeng dan permanen. Atau sesuatu yang tidak dapat dibantah karena sudah jelas dengan sendirinya.
Prinsip-prinsip tersebut adalah :
a.  Mengetahui motivasi, kebutuhan dan minat anak didik.
b.  Mengetahui tujuan pendidikan yang sudah ditetapkan.
c.   Mengetahui tahap kematangan, perkembangan serta perubahan anak didik.
d.  Mengetahui perbedaan-perbedaan individu di dalam anak didik.
e.  Memperhatikan kepahaman.
f.   Menjadikan proses pendidikan sebagai pengalaman yang menggembirakan bagi anak didik.
Atau prinsip-prinsipnya lagi :
1.          INDIVIDUALITAS yaitu tiap-tiap manusia mempunyai jiwa sendiri. Kekhususan  jiwa itu menyebabkan individu yang satu berbeda dengan yang lain.
2.    KEBEBASAN yaitu kontrol diri, disiplin diri, dan self-directedness.
3.          LINGKUNGAN yaitu prinsip mengajar sangat menekankan pada integrasi anak dengan lingkungan.
4.          MINAT yaitu kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu.
5.    AKTIVITAS yaitu belajar itu hanya berhasil bila melalui bermacam-macam            kegiatan / aktivitas baik jasmani atu rokhani.
6.          MOTIVASI yaitu keadaan internal organisme__baik manusia ataupun hewan_ yang mendorongnya untuk berbuat sesuatu. Atau pemasok daya untuk bertingkah laku secara terarah.
7.        PENGAJARAN BERUPA yaitu pengajaran dengan  menggunakan alat peraga auditif dan visual sebagai bagian integral dari pengajaran atau sebagai pelengkap.
8.    KORELASI DAN KONSENTRASI

D. PERANAN METODOLOGI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM

Adalah untuk bekal mahasiswa agar menjadi guru / pendidik agama yang menguasai tentang teknik-teknik penyampaian pengajaran agama secara baik dan benar.

E.  FUNGSI METODOLOGI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM
Adalah  untuk menyediakan segala fasilitas yang dapat memungkinkan tugas pendidikan Islam tercapai dan berjalan dengan lancar atau mempermudah guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar agama Islam, sehingga tercapai tujuan yang diharapkan.


SUMBER = http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/10/review-materi-metodologi-pembelajaran.html


MATERI TERKAIT:

Judul: REVIEW MATERI METODOLOGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PENGERTIAN, RUANG LINGKUP, PRINSIP-PRINSIP PENGGUNAAN METODE, PERANAN DAN FUNGSINYA
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh : mas mahmud
Terima kasih, Anda telah berkunjung di blog ini dan membaca makalah REVIEW MATERI METODOLOGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PENGERTIAN, RUANG LINGKUP, PRINSIP-PRINSIP PENGGUNAAN METODE, PERANAN DAN FUNGSINYA . Jika ingin menyalin harap ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri atau menyertakan link URL ini : http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/10/review-materi-metodologi-pembelajaran.html, Terima kasih atas perhatiannya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger