SELAMAT DATANG di blog "mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com", SEMOGA BERMANFAAT apa-apa yang kami tuliskan di sini ...,"Selamat Berkarya", Semoga Tuhan Merahmati Kehidupan Kita Dengan Kesehatan, Cinta Yang Mendamaikan, Rezeki Yang Penuh Berkah, Dalam Usia Yang Panjang Dan Bahagia. Aamiin. "

RESUME MATERI PSIKOLOGI DAKWAH : PENGERTIAN, ISTILAH DALAM PSIKOLOGI KOGNITIF, ALASAN PENTINGNYA MEMPELAJARI PSIKOLOGI KOGNITIF


A.  PENGERTIAN PSIKOLOGI KOGNITIF

Psikologi kognitif adalah aliran yang melihat manusia sebagai makhluk aktif organisasi dan mengolah stimulasi yang diterimanya. Psikologi kognitif menempatkan manusia sebagai makhluk yang bereaksi secara aktif terhadap lingkungannya dengan cara berfikir. Konsep manusia sebagai pengolah informasi yang dipandang sebagai produk strategi pengolahan informasi yang rasional yang mengarah pada penyediaan, penyimpanan dan pemanggilan informasi yang digunakannya untuk memecahkan persoalan.
PSIKOLOGI KOGNITIF adalah studi ilmiah mengenai proses mental dan aktifitas pikiran yang meliputi bagaimana seseorang memperoleh informasi, bagaimana informasi itu dipresentasikan dan ditransformasikan sebagai pengetahuan, bagaimana pengetahuan itu disimpan di dalam ingatan kemudian dimunculkan kembali, bagaimana pengetahuan itu digunakan untuk mengarahkan sikap dan perilakunya. ATAU  ilmu yang memfokuskan studi bagaimana pikiran manusia memproses informasi sehingga menjadi pengetahuan yang disimpan dalam ingatan, kemudian menggunakannya di dalam melakukan tugas atau aktifitasnya.

B.    ISTILAH DALAM PSIKOLOGI KOGNITIF :
1.       PERSEPSI : proses mendeteksi dan menginterpretasi stimulus yang diterima oleh alat-alat indera manusia dengan menggunakan pengetahuan yang disimpan dalam ingatan.
2.         PENGENALAN POLA : proses awal mengenali stimulus yang telah tersusun secara kompleks yang diterima melalui sistem alat indera manusia .
3.         PERHATIAN : pemusatan pikiran terhadap suatu objek atau tugas tertentu dan pada saat yang sama mengabaikan objek atau tugas yang lain.
4.         INGATAN : kekuatan jiwa untuk menerima, menyimpan dan memproduksikan kesan-kesan yang berlangsung mulai dari beberapa detik sampai dengan sepanjang hidup.
5.         IMAJINERI : proses membayangkan kembali di dalam pikiran mengenai objek-objek atau peristiwa yang dipersepsi.
6.         BAHASA : kata-kata yang ditulis atau diucapkan melalui lisan.
7.         PENALARAN : penarikan kesimpulan menurut aturan logika.
8.       PEMBUATAN KEPUTUSAN : proses ketika seorang sedang memilih di antara dua alternatif atau lebih.
9.      PEMECAHAN MASALAH : proses mencari dan menemukan jalan keluar terhadap suatu masalah atau kesulitan.
10.     PEMBUATAN KONSEP : penggunaan aturan tertentu untuk mengkategorikan objek-objek yang memiliki kemiripan di dalam struktur atau fungsinya.
11.   PERKEMBANGAN KOGNITIF : tahap-tahap perkembangan kognitif manusia mulai dari anak-anak sampai dewasa.
12.     INTELEGENSI MANUSIA : kemampuan memahami bahasa secara umum.
13.  EMOSI DAN PROSES KOGNITIF : topik yang mempelajari peran-peran atau pengaruh emosi dan suasana hati terhadap efektifitas pikiran manusia ketika memproses informasi atau mengerjakan tugas-tugas kognitif lain.

C.     ALASAN PENTINGNYA MEMPELAJARI PSIKOLOGI KOGNITIF
1.  Pertama : kognitif merupakan sesuatu yang sangat penting dan mendasar bagi studistudi psikologi manusia. Apa yang dilakukan seseorang tidak terlepas dari aspek kognitif misal persepsi, ingatan, pengetahuan dan bahasa.
2.       Kedua : pandangan psikologi kognitif banyak mempengaruhi bidang-bidang psikologi yang lain. Misal pendekatan kognitif banyak dipergunakan dalam psikologi sosial, konseling, psikologi pendidikan dan lain-lain.
3.    Ketiga : melalui prinsip-prinsip kognisi, seseorang dapat memproses informasi secara efisien dan terorganisasikan dengan baik.

SUMBER = http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/10/resume-materi-psikologi-dakwah.html
               

MATERI TERKAIT:

Judul: RESUME MATERI PSIKOLOGI DAKWAH : PENGERTIAN, ISTILAH DALAM PSIKOLOGI KOGNITIF, ALASAN PENTINGNYA MEMPELAJARI PSIKOLOGI KOGNITIF
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh : mas mahmud
Terima kasih, Anda telah berkunjung di blog ini dan membaca makalah RESUME MATERI PSIKOLOGI DAKWAH : PENGERTIAN, ISTILAH DALAM PSIKOLOGI KOGNITIF, ALASAN PENTINGNYA MEMPELAJARI PSIKOLOGI KOGNITIF . Jika ingin menyalin harap ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri atau menyertakan link URL ini : http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/10/resume-materi-psikologi-dakwah.html, Terima kasih atas perhatiannya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger