SELAMAT DATANG di blog "mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com", SEMOGA BERMANFAAT apa-apa yang kami tuliskan di sini ...,"Selamat Berkarya", Semoga Tuhan Merahmati Kehidupan Kita Dengan Kesehatan, Cinta Yang Mendamaikan, Rezeki Yang Penuh Berkah, Dalam Usia Yang Panjang Dan Bahagia. Aamiin. "

CONTOH RPP QUR'AN HADIS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)QUR'AN HADIS


Mata  Pelajaran               : QUR’AN HADIS
Kelas/Semester               : X / Genap
Alokasi Waktu                  : 1 x 40 menit
Satuan Pendidikan          : MAN 1 PONOROGO
Standar kompetensi        : 1. Memahami sanad dan matan hadits
Kompetensi Dasar           : 1.1.   Menjelaskan pengertian sanad dan matan                                      
1.2.   Menerapkan pengertian sanad dan matan dalam hadits
Indikator                             : 1.1.1.   Mendefinisikan sanad menurut bahasa dan istilah                                              
                                                        1.1.2.   Mendefinisikan matan menurut bahasa dan istilah
                       1.1.3.   Mendefinisikan rawi menurut bahasa dan istilah

                                          1.2.1.   Melatih menulis contoh sanad dan matan
                                          1.2.2.   Memilah dan mengelompokkan antara sanad dan matan
                                          1.2.3.   Melatih menulis contoh rawi hadits
                                          1.2.4.   Menempatkan posisi sanad dan matan hadits dengan benar
                                          1.2.5.   Menunjukkan sanad dan matan hadits
                                          1.2.6.   Menggabungkan sanad, matan dan rawi
                                          1.2.7.   Mengatakan sanad, matan dan rawi
A.  Kegiatan Awal

No.
Deskripsi Kegiatan
Strategi yang digunakan
Waktu
Sumber / Bahan yang digunakan
Kegiatan Guru
Kegiatan Murid
1.
Masuk kelas, duduk, dan mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan membaca basmalah (berdoa).
Menjawab salam dan membaca basmalah (berdoa)
Ceramah (lecturing)
0,5 menit
Meja, kursi, ucapan salam dan bacaan basmalah.
2.
Mengabsensi siswa.
Aktif merespon
Ceramah (lecturing)
2 menit 
Absensi siswa, bolpoin.
3.
Memotivasi siswa untuk melibatkan diri dalam kegiatan pembelajaran.
Memperhatikan
Ceramah (lecturing)
3,5 menit
Kata-kata motivasi, contoh-contoh pengalaman nyata yang memberi semangat untuk belajar.
4.



5.
Melakukan tes penjajagan (pre tes) dan mengidentifikasi keadaan siswa.

Mengingatkan pelajaran yang telah diterima dan mengaitkan pada pelajaran baru (Appersepsi)

Aktif merespon



Memperhatikan
Tanya jawab kuis



Ceramah (lecturing)
2 menit 



1 menit 
Pertanyaan yang relevan dengan materi.


Team Musyawarah Guru Bina PAI MA, Al-Hikmah membina kreatifitas dan prestasi, Modul Qur’an Hadits MA kelas X semester genap. Sragen: CV. Akik Pusaka, tt.
6.
Penjelasan singkat tentang tujuan dan proses pembelajaran yang akan dijalani siswa.

Memperhatikan
Ceramah (lecturing)
1 menit
SK dan KD Qur’an Hadits MA kelas X semester genap


B.  Kegiatan Inti
No. Indikator
Materi
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Strategi yang digunakan
Sistem Penilaian
Alokasi waktu
Sumber / Bahan / Alat yang digunakan
Kegiatan Guru
Kegiatan Murid
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
1.1.1.














Pengertian
sanad menurut bahasa dan istilah











Memberi penjelasan
dan memberikan contoh, guru memberikan penguatan










Mendengarkan
Memperhatikan
Memahami












Ceramah (lecturing),
Tanya jawab












Pertanyaan Lisan













Performans,
Jawaban singkat












1 menit













- Team Musyawarah Guru Bina PAI MA, Al-Hikmah membina kreatifitas dan prestasi, Modul Qur’an Hadits MA kelas X semester genap. Sragen: CV. Akik Pusaka, tt.
- Spidol, papan tulis

1.1.2.















Pengertian matan hadits menurut bahasa dan istilah












Memberi penjelasan dan memberikan contoh, guru memberikan penguatan












Mendengarkan
Memperhatikan
Memahami














Ceramah (lecturing),
Tanya jawab














Pertanyaan Lisan















Performans,
Jawaban singkat














1 menit















-Team Musyawarah Guru Bina PAI MA, Al-Hikmah membina kreatifitas dan prestasi, Modul Qur’an Hadits MA kelas X semester genap. Sragen: CV. Akik Pusaka, tt.
- Spidol, papan tulis



1.1.3.




















Pengertian rawi menurut bahasa dan istilah

















Memberi penjelasan dan memberikan contoh, guru memberikan penguatan
















Mendengarkan
Memperhatikan
Memahami


















Ceramah (lecturing),
Tanya jawab


















Pertanyaan Lisan



















Performans,
Jawaban singkat



















1 menit



















-Team Musyawarah Guru Bina PAI MA, Al-Hikmah membina kreatifitas dan prestasi, Modul Qur’an Hadits MA kelas X semester genap. Sragen: CV. Akik Pusaka, tt.
- Spidol, papan tulis







1.2.1.















Contoh-contoh sanad dan matan













Guru memberi instruksi pada siswa untuk menulis contoh sanad dan matan, guru memberikan penguatan





Aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran













Diskusi, Demonstrasi














Tugas Kelompok














Performans















2 menit















-Team Musyawarah Guru Bina PAI MA, Al-Hikmah membina kreatifitas dan prestasi, Modul Qur’an Hadits MA kelas X semester genap. Sragen: CV. Akik Pusaka, tt.
- Contoh-contoh hadits


1.2.2.



















Contoh-contoh sanad dan matan

















Guru memberi instruksi pada siswa untuk  memilah dan mengelompokkan antara sanad dan matan, guru memberikan penguatan








Aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran


















CARD SHORT


















Tugas Kelompok


















Performans



















3 menit



















-Team Musyawarah Guru Bina PAI MA, Al-Hikmah membina kreatifitas dan prestasi, Modul Qur’an Hadits MA kelas X semester genap. Sragen: CV. Akik Pusaka, tt.
-Potongan kertas yang berisi contoh hadits.
-Buku-buku pengayaan yang berisi contoh-contoh hadits.
1.2.3.
















Contoh rawi
















Guru memberi instruksi pada siswa untuk menulis contoh rawi hadits, guru memberikan penguatan







Aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran













Diskusi, Demonstrasi















Tugas Kelompok















Performans
















3 menit
















-Team Musyawarah Guru Bina PAI MA, Al-Hikmah membina kreatifitas dan prestasi, Modul Qur’an Hadits MA kelas X semester genap. Sragen: CV. Akik Pusaka, tt.
-Buku-buku pengayaan yang berisi contoh-contoh hadits.

1.2.4.















Contoh-contoh sanad dan matan













Guru memberi instruksi pada siswa untuk Menempatkan posisi sanad dan matan hadits dengan benar,
guru memberikan penguatan









Aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran













INDEX CARD MATCH













Tugas kelompok














Menjodohkan















4 menit















-Team Musyawarah Guru Bina PAI MA, Al-Hikmah membina kreatifitas dan prestasi, Modul Qur’an Hadits MA kelas X semester genap. Sragen: CV. Akik Pusaka, tt.
-Buku-buku pengayaan yang berisi contoh-contoh hadits.
- Soal-soal pilihan ganda
1.2.5.  














Contoh-contoh sanad dan matan












Guru memberi instruksi pada siswa untuk Menunjukkan sanad dan matan hadits dengan benar, guru memberikan penguatan









Aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran












Diskusi, Demonstrasi













Tugas Kelompok













Performans














3 menit














- Contoh-contoh hadits













1.2.6.  















Contoh-contoh sanad, matan dan rawi













Guru memberi instruksi pada siswa untuk Menggabungkan sanad matan dan rawi hadits dengan benar, guru memberikan penguatan










Aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran














Diskusi, Demonstrasi















Tugas Kelompok















Performans
















4 menit
















- Contoh-contoh hadits














1.2.7.  











Contoh-contoh sanad, matan dan rawi









Guru memberi instruksi pada siswa untuk mengatakan sanad, matan dan rawi, guru memberikan penguatan







Aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran.











Tanya jawab












Pertanyaan lisan










Performans,
Jawaban singkat









4 menit











- Contoh-contoh hadits











   
C.  Kegiatan Penutup

No.
Deskripsi Kegiatan
Strategi yang digunakan
Waktu
Sumber / Bahan yang digunakan
Kegiatan Guru
Kegiatan Murid
1.







2.



3.
Menyimpulkan pelajaran
(refleksi)





Memberi tindak lanjut berupa pemberian tugas (pekerjaan rumah)


Mengakhiri pelajaran dan menutup dengan salam

Mendengarkan, memperhatikan, memahami





Menerima dan menyanggupi


Merespon
Ceramah (lecturing)






Penugasan (pemberian tugas)


Ceramah (lecturing)
2 menit







1 menit



1 menit
-Team Musyawarah Guru Bina PAI MA, Al-Hikmah membina kreatifitas dan prestasi, Modul Qur’an Hadits MA kelas X semester genap. Sragen: CV. Akik Pusaka, tt.

-Soal-soal pelajaran Qur’an Hadits


-Bacaan hamdalah dan salam

           

LAMPIRAN :

·       Hand Out Materi
·       Instrumen Penilaian

Ponorogo, 29 April 2009
Dosen Pembimbing Mahasiswa Peserta Micro Teaching


KHARISUL WATHONI, M. Pd. I                                                                   
RUDI HARIANTO
NIP.                                                                                          
NIM


LAMPIRAN HANDOUT MATERI

A.        Sanad
Menjelaskan pengertian sanad dan contoh

Dari segi bahasa, sanad berarti المعتمد  artinya yang menjadi sandaran, tempat bersandar, arti yang lain sesuatu yang dapat dipegangi atau dipercaya. Sedangkan dari segi istilah ilmu hadits, sanad ialah rangkaian urutan orang-orang yang menjadi sandaran atau jalan yang menghubungkan satu hadits atau sunnah sampai pada nabi SAW.
Sanad menurut istilah ahli hadits yaitu :    الطريق الموصل الى المتن
        Artinya : Jalan yang menyampaikan kepada matan hadits. Atau dalam istilah lain : (سلسلة الرّجال الموصل الى المتن)  Artinya : mata rantai para periwayat hadits yang menghubungkan sampai ke matan hadits. Menerangkan rangkaian urutan sanad suatu hadits disebut isnad. Orang yang menerangkan sanad suatu hadits disebut musnid. Sedangkan hadits yang diterangkan dengan menyebutkan sanadnya sehingga sampai kepada nabi SAW., disebut musnad. Contoh
 اخبرنا مالك عن نافع عن عبد الله بن عمر انّ رسول الله صلّى الله عليه وسلّم قال : لا يبيع بعضكم على بيع بعض (رواه البخارى و مسلم)
        Artinya : Dikhabarkan kepada kami oleh Malik yang menerimanya dari Nafi’ yang menerimanya dari Abdullah ibn Umar, bahwa Rasulullah SAW bersabda : janganlah sebagian diantara kamu membeli barang yang sedang dibeli oleh  sebagian yang lainnya. (HR. Bukhari Muslim). Dalam hadits di atas, yang dinamakan ’’ sanad ’’ yaitu :  
 اخبرنا مالك عن نافع عن عبد الله بن عمر انّ رسول الله صلّى الله عليه وسلّم قال                                 
B.         Matan
Menjelaskan pengertian matan dan contoh
Dari segi bahasa, matan berarti punggung jalan, tanah gersang atau tandus, membelah, mengeluarkan, mengikat. Sedangkan menurut istilah ilmu hadits , matan yaitu :
ما انتهى اليه السّند من الكلام فهو نفس الحد يث الذى ذ كر الاسنا د له    
        Artinya : Perkataan yang disebut pada akhir sanad, yakni sabda nabi SAW yang disebut sesudah habis disebutkan sanadnya.
       
        Contoh :
عن محمّد عن ابي سلمة عن ابي هريرة انّ النّبيّ صلّى الله عليه وسلّم قال : لولا ان اشقّ على امّتي لامرتهم بالسّواك عند كلّ صلاة (رواه التّرمذى)                                                                                           
                           
Artinya : Dari Muhammad yang diterima dari Abu Salamah yang diterimanya dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda : Seandainya tidak akan memberatkan terhadap umatku, niscaya aku suruh mereka untuk bersiwak (menggosok gigi) setiap akan melakukan shalat (HR. Turmudzi).
Matan dalam contoh hadits di atas adalah : لولا ان اشقّ على امّتي لامرتهم بالسّواك عند كلّ صلاة
C.        Rawi
Menjelaskan pengertian rawi dan contoh
Rawi yaitu orang yang memindahkan hadits dari seorang guru kepada orang lain atau membukukannya ke dalam suatu kitab hadits. Rawi pertama adalah para sahabat dan rawi terakhir adalah orang yang membukukannya, seperti Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Ahmad dan lain-lain.
Suatu hadits yang telah sampai kepada kita dalam bentuknya yang sudah terdewan (terbukukan) dalam dewan-dewan (buku-buku) hadits, melalui beberapa rawi dan sanad. Rawi terakhir hadits yang termasuk dalam Shahih Bukhari atau dalam Shahih Muslim, ialah Imam Bukhari atau Imam Muslim. Seorang penyusun atau pengarang, bila hendak menguatkan suatu hadits yang ditakhrijkan dari suatu kitab hadits, pada umumnya membubuhkan nama rawi (terakhirnya) pada akhir matnul haditsnya.
Untuk lebih memperjelas pengertian sanad, matan dan rawi, mari kita perhatikan hadits berikut ini :
عن ام المؤمنين عا ئشة رضي الله عنها قالت : قال رسول الله صلّى الله عليه وسلّم من احد ث في امرنا هذا ما ليس منه فهو ردّ (متّفق عليه)
Artinya : Warta dari ummul Mu’minin ‘Aisyah R.A., berkata: Rasulullah SAW telah bersabda : “Barang siapa yang mengada-adakan sesuatu yang bukan termasuk dalam urusan (agama) ku, maka ia tertolak”. (HR.Bukhari Muslim)
 disebut sanad                                                                      عن عا ئشة رضي الله عنها قالت : قال رسول الله صلّى الله عليه وسلّم         Kalimat                                 
         Kalimat من احد ث في امرنا هذا ما ليس منه فهو ردّ  disebut matan.

         Kalimat (متّفق عليه) disebut rawi.



LAMPIRAN INSTRUMEN PENILAIAN

a.    KOGNITIF (tes lisan / tulis)
1.   Uraian

No
ITEM SOAL
Bobot
Catatan
01.
Apa yang dimaksud dengan sanad, matan dan rawi menurut bahasa dan istilah ? 2;’

3

02.
Apa perbedaan antara sanad, matan dan rawi ?
5


2.   Pilihan ganda

Berilah tanda silang (X) salah satu huruf a, b, c, d pada jawaban yang benar!
1.   Mata rantai para rawi saling menyandarkan berita kepada gurunya dan menghubungkannya sampai ke matan hadits. Hal ini disebut :
      a. Sanad                            b. Perawi
      c. Muhaddis                      d. Matan

2.   الطريق الموصل الى المتن ,
      Ungkapan di atas adalah pengertian :
      a. Matan                            b. Sanad
      c. Rawi                              d. Musthalahul hadits

3.   Orang yang memindahkan hadits dari seorang guru kepada orang lain atau membukukannya ke dalam suatu kitab hadits disebut :
      a. Riwayat                         b. Ru’yat
      c. Rawi                              d. Ruhsoh

4.   Dari segi bahasa, matan artinya :
      a. Punggung jalan              b. Tanah gersang atau tandus
      c. Membelah                      d.  Semua benar                                                                                                         

b.    AFEKTIF (pengamatan minat dan sikap)

No
Nama Siswa
Aspek Penilaian Afektif
Jumlah Skor
Nilai
Catatan
Respon
Disiplin
Kerja Sama
Tuntas Tugas
01.








02.








03.









c.     PSIKOMOTORIK (unjuk kerja)

No
Nama Siswa
Aspek Penilaian Psikomotorik
Jumlah Skor
Nilai
Catatan
Penguasaan
Sistematika
Kecakapan
Mutu Karya
01.








02.








03.











Kriteria Penilaian
80-100
Sangat Baik
70-79
Baik
60-69
Cukup
50-59
Kurang
0-49
Sangat Kurang

                                                                      
                                                                                                                                                                                                          Ponorogo, 29 April 2009
                  Mengetahui                                             Penyusun
                  Kepala Madrasah                   Guru mata pelajaran


Catatan : …………………………………………………………………………
             : …………………………………………………………………………



TUGAS PORTO FOLIO

Nama              : ______________
No. Absen      : ______________
Lengkapilah tabel di bawah ini !

No.
Materi

Sanad
Matan
Rawi
1.
KONSEP
Pengertian (konsep) secara bahasa dan istilah



2.
FAKTA
Masukkan hadits ini pada kolom yang benar
عن محمّد عن ابي سلمة عن ابي هريرة انّ النّبيّ صلّى الله عليه وسلّم قال : لولا ان اشقّ على امّتي لامرتهم بالسّواك عند كلّ صلاة (رواه التّرمذ ى)                    



3.
PRINSIP
-
-
-
-
4.
PROSEDUR
Urutkan hadits ini dengan benar
(رواه التّرمذ ى)                 
انّ   النّبيّ صلّى الله عليه وسلّم قال : لولا ان اشقّ على امّتي لامرتهم بالسّواك عند كلّ    صلاة                                    عن   محمّد عن ابي سلمة عن ابي هريرة





Penilaian Aspek
Nilai rata-rata
Catatan Guru
Paraf
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
Guru
Orang tua
















LAMPIRAN KUNCI JAWABAN
A.        TES TULIS
1.              Dari segi bahasa, sanad berarti المعتمد  artinya yang menjadi sandaran, tempat bersandar, arti yang lain sesuatu yang dapat dipegangi atau dipercaya. Sedangkan dari segi istilah ilmu hadits, sanad ialah rangkaian urutan orang-orang yang menjadi sandaran atau jalan yang menghubungkan satu hadits atau sunnah sampai pada nabi SAW. Sanad menurut istilah ahli hadits yaitu :    الطريق الموصل الى المتن
Artinya : Jalan yang menyampaikan kepada matan hadits. Atau dalam istilah lain : (سلسلة الرّجال الموصل الى المتن)  Artinya : mata rantai para periwayat hadits yang menghubungkan sampai ke matan hadits. Dari segi bahasa, matan berarti punggung jalan, tanah gersang atau tandus, membelah, mengeluarkan, mengikat. Sedangkan menurut istilah ilmu hadits ,
matan yaitu     ما انتهى اليه السّند من الكلام فهو نفس الحد يث الذى ذ كر الاسنا د له :
                  Artinya : Perkataan yang disebut pada akhir sanad, yakni sabda nabi SAW yang disebut sesudah habis disebutkan sanadnya.
       
Menurut bahasa rawi yaitu orang yang meriwayatkan, sedang menurut istilah, rawi yaitu orang yang memindahkan hadits dari seorang guru kepada orang lain atau membukukannya ke dalam suatu kitab hadits. Rawi pertama adalah para sahabat dan rawi terakhir adalah orang yang membukukannya, seperti Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Ahmad dan lain-lain.
2.       Kalau Sanad yaitu  mata rantai para periwayat hadits yang menghubungkan sampai ke matan hadits, kalau Matan adalah isi suatu hadits, sedang Rawi adalah orang yang memindahkan hadits dari seorang guru kepada orang lain atau membukukannya ke dalam suatu kitab hadits.

B.         PILIHAN GANDA
1.            a                    3.     c
2.              b                    4.     d

SUMBER = http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/07/contoh-rpp-quran-hadis.html



MATERI TERKAIT:

Judul: CONTOH RPP QUR'AN HADIS
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh : mas mahmud
Terima kasih, Anda telah berkunjung di blog ini dan membaca makalah CONTOH RPP QUR'AN HADIS. Jika ingin menyalin harap ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri atau menyertakan link URL ini : http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/07/contoh-rpp-quran-hadis.html, Terima kasih atas perhatiannya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger