SELAMAT DATANG di blog "mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com", SEMOGA BERMANFAAT apa-apa yang kami tuliskan di sini ...,"Selamat Berkarya", Semoga Tuhan Merahmati Kehidupan Kita Dengan Kesehatan, Cinta Yang Mendamaikan, Rezeki Yang Penuh Berkah, Dalam Usia Yang Panjang Dan Bahagia. Aamiin. "

CARA MEMBUAT JUDUL SKRIPSI : PENCARIAN JUDUL PENELITIAN KUANTITATIF (KN)

Oleh   Mas Mahmud


PROSES PENCARIAN JUDUL PENELITIAN KUANTITATIF (Kn)

1
MENEMUKAN MASALAH
1. Dari hasil pengamatan saya pada hari Selasa tanggal 15 April 2008, di kelas TB. E Jurusan Tarbiyah PAI STAIN P, jam 10.30-12.00 WIB, ditemukan ada tiga mahasiswa terlambat mengumpulkan tugas Mata Kuliah Fiqih Keluarga.

2. Dari hasil pengamatan saya pada hari Senin tanggal 14 April 2008, di kelas TB.E Jurusan Tarbiyah PAI STAIN P, jam 07.30-09.00 WIB, ditemukan ada lima mahasiswa terlambat masuk kuliah pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian.

3. Dari hasil pengamatan saya pada hari Rabu tanggal 23 April 2008, di kelas TB.E Jurusan Tarbiyah PAI STAIN P, jam 07.30-09.00 WIB, terjadi suasana diskusi kelas yang kurang menarik pada Mata Kuliah Ilmu Pendidikan Islam.

4. Dari hasil pengamatan saya pada hari Senin sampai Sabtu tanggal 18-23 Agustus 2008, di STAIN P, jam 07.30-12.30 WIB, ditemukan lebih dari 70 % mahasiswa tidak masuk kuliah pada minggu pertama tahun Ajaran Baru tanggal 18-23 Agustus 2008.

5. Dari hasil pengamatan saya pada hari Senin tanggal 25 Agustus 2008, di kelas TB.E Jurusan Tarbiyah PAI STAIN P, jam 07.30-12.30 WIB, ditemukan ada 10 mahasiswa tidak masuk kuliah jam ke-1, ke-2 dan ke-3, Mata kuliah Psikologi Perkembangan, Metode Penelitian Pendidikan dan Bimbingan Dan Penyuluhan.

6. Dari hasil pengamatan saya pada hari Rabu tanggal 27 Agustus 2008, di kelas TB.E Jurusan Tarbiyah PAI STAIN P, jam 09.00-12.30 WIB, ditemukan Dosen tidak mengajar mata kuliah Sosiologi Pendidikan dan Administrasi Managemen Pendidikan.

7. Dari hasil pengamatan saya pada hari Sabtu tanggal 12 Juni 2008, jam 16.00-17.00 WIB, ditemukan ada 100 % santri kelas 1 sampai kelas 6 yang tidak masuk sekolah sore Diniyah “M” , desa K, kecamatan D, kabupaten M.

8. Dari hasil wawancara pada hari Kamis tanggal 28 Agustus 2008 dengan ustadz R. di desa P, kecamatan P, kabupaten M, jam 12.30 WIB, ditemukan ada 100 % dari semua santri yang tidak masuk sekolah sore pada hari Selasa tanggal 15 Juli 2008, jam 15.00-17.00 WIB, di sekolah Diniyah “S” dukuh B, desa K, kecamatan D, kabupaten M.

9. Dari hasil wawancara pada hari Sabtu tanggal 30 Agustus 2008 dengan ustadz S. di desa K, kecamatan D, kabupaten M, jam 06.30 WIB, terjadi penundaan pelaksanaan ulangan (imtihan) pada hari Senin tanggal 3 Maret 2008, jam 15.00-17.00 WIB, di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) “W” dukuh S, desa K, kecamatan D, kabupaten M.

10. Dari hasil wawancara pada hari Sabtu tanggal 30 Agustus 2008 dengan ustadz S. di desa K, kecamatan D, kabupaten M, jam 07.00 WIB, terjadi kekosongan tenaga pengajar pada hari Selasa dan Kamis tanggal 5 dan 7 Agustus 2008, jam 15.00-17.00 WIB, di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) “W” dukuh S, desa K, kecamatan D, kabupaten M.

2
MELAKUKAN  IDENTIFIKASI MASALAH
      1. DISIPLIN
      2. DISIPLIN


      3. PROSES BELAJAR MENGAJAR
4. MOTIFASI BELAJAR
5. DISIPLIN
6. KOMPETENSI
7. PROSES BELAJAR MENGAJAR
8. PROSES BELAJAR MENGAJAR
9. PROSES BELAJAR MENGAJAR
10. PROSES BELAJAR MENGAJAR

3
MENENTUKAN BATASAN MASALAH
1.   DISIPLIN


4
MELAKUKAN DIALOG TEORITIK “MENGAPA FENOMENA TERSEBUT DIKATAKAN MASALAH DAN LAYAK UNTUK DITELITI”
1. Di dalam bukunya HM.Hafi Anshari yang berjudul “Pengantar Ilmu Pendidikan” (Surabaya: PT Usaha Nasional, 1983), 66., dikatakan bahwa, “Disiplin adalah suatu sikap mental yang dengan kesadaran dan keinsyafannya mematuhi terhadap perintah-perintah atau larangan yang ada terhadap suatu hal karena mengerti betul-betul tentang pentingnya perintah dan larangan tersebut”.

2. Di dalam bukunya Moch. Shochib yang berjudul “Pola Asuh Orang Tua Untuk Membantu Mengembangkan Disiplin Diri” (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2001), 2., dikatakan bahwa, “Tujuan disiplin diri adalah mengupayakan akan pengembangan minat anak dan mengembangkan anak menjadi sahabat, tetangga dan warga negara yang baik”.

3. Di dalam bukunya Hadari Nawawi yang berjudul “Pendidikan Dalam Islam” (Surabaya: Al Ikhlas, 1993), 228-232., dikatakan bahwa, “Manusia dituntut untuk mampu mematuhi berbagai ketentuan atau harus hidup secara berdisiplin, sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku di masyarakatnya. Disiplin dan tata tertib dalam kehidupan bilamana dirinci secara khusus dan terurai aspek demi aspek, akan menghasilkan etika dalam pergaulan, termasuk juga dalam hubungan dengan lingkungan sekitar”.

4. Di dalam bukunya Abdul Hadis yang berjudul “Psikologi Dalam Pendidikan”, (Bandung: Alfabeta, 2006), 86., dikatakan bahwa, “Sikap disiplin yang dilakukan oleh seseorang atau peserta didik, hakekatnya adalah suatu tindakan untuk memenuhi nilai-nilai tertentu”.

5. Di dalam bukunya Soejitno Irmin Dan Abdul Rochim yang berjudul “Menjadi Guru Yang Bisa Digugu Dan Ditiru” (---:Seyma Media, 2006), 20., dikatakan bahwa, “Disiplin merupakan faktor penting pembentuk karakter para murid. Disiplin bukan hanya terbatas soal waktu, namun juga menyangkut perilaku yang lain”.

6. Di dalam artikelnya Kushadiyanto yang berjudul “Psikologi Bela Diri” (http://duel.melsa.net.id/05psiko.html), dikatakan bahwa, “Disiplin adalah belajar dan latihan. Orang yang sukses dalam bidang apapun__apalagi dalam seni bela diri__ dan bisa menjadi yang terbaik atau terhebat, selalu orang yang membebankan dirinya sendiri dengan disiplin yang lebih keras dari apa saja yang dibebankan oleh orang lain”

7. Di dalam bukunya Basuki dan M.Miftahul Ulum yang berjudul “Pengantar Ilmu Pendidikan Islam” (Ponorogo: STAIN Po Press, 2007), 143., dikatakan bahwa, “Disiplin sebagai alat pendidikan berarti segala peraturan yang harus ditaati dan dilaksanakan”.

8. Di dalam bukunya Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain yang berjudul “Strategi Belajar Mengajar” (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002), 47., dikatakan bahwa, “Disiplin dan kegiatan belajar mengajar diartikan sebagai suatu pola tingkah laku yang diatur sedemikian rupa menurut ketentuan yang sudah ditaati oleh pihak guru maupun anak didik dengan sadar”.

5
KEGELISAHAN PENELITI
1. “Mengapa pada hari Selasa tanggal 15 April 2008, di kelas TB. E Jurusan Tarbiyah PAI STAIN P, jam 10.30-12.00 WIB, ditemukan ada tiga mahasiswa terlambat mengumpulkan tugas Mata Kuliah Fiqih Keluarga ?”
6
MENGAJUKAN DUGAAN SEMENTARA FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA MASALAH YANG AKAN DITELITI
1. Sumber belajar yang kurang lengkap
a. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain dalam bukunya yang berjudul “Strategi Belajar Mengajar” (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002), 55-56., dikatakan bahwa, yang dimaksud dengan sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai tempat dimana bahan pengajaran terdapat atau asal untuk belajar seseorang. Dengan demikian, sumber belajar itu merupakan bahan/materi untuk menambah ilmu pengetahuan yang mengandung hal-hal baru bagi pelajar. Sumber belajar banyak sekali terdapat di mana-mana,di sekolah, di halaman, di pusat kota,di pedesaan,dan sebagainya. Para ahli sepakat bahwa segala sesuatu dapat dipergunakan sebagai sumber belajar sesuai dengan kepentingan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan”.

b. Dalam penelitian yang dilakukan oleh E. Mulyasa dalam bukunya yang berjudul “Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan" (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2007), 68., dikatakan bahwa, “Dalam Pengembangan sumber belajar, guru disamping harus mampu membuat sendiri alat pembelajaran dan alat peraga, juga harus berinisiatif mendaya gunakan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar yang lebih konkrit. Untuk kepentingan tersebut perlu senantiasa diupayakan peningkatan pengetahuan guru dan didorong terus untuk menjadi guru yang kreatif dan profesional, terutama dalam pengadaan serta pendaya gunaan fasilitasdan mengembangkan kemampuan peserta didik secara optimal”.
c. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Oemar Hamalik dalam bukunya yang berjudul “Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 2001), 68., dikatakan bahwa, “Sumber–sumber yang digunakan sebagai bahan belajar terdapat pada 1. buku pelajaran yang sengaja disiapkan dan berkenaan dengan mata ajaran tertentu, 2. pribadi guru sendiri yang pada dasarnya merupakan sumber tak tertulis dan sangat penting serta sangat kaya dan luas, yang perlu dimanfaatkan secara maksimal, 3. sumber masyarakat”
d. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Hafni Ladjid, dalam bukunya yang berjudul “Pengembangan Kurikulum Menuju Kurikulum Berbasis Kompetensi” (Jakarta; Quantum Teaching, 2005), 55., dikatakan bahwa, “Ada banyak sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk lebih memperjelas bahan yang disajikan, misalnya buku, media dan lingkungan”.
e. Dalam penelitian yang dilakukan oleh E. Mulyasa dalam bukunya yang berjudul “Kurikulum Berbasis Kompetensi” (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya , 2003), 48., dikatakan bahwa, “Sumber belajar dapat dirumuskan sebagai sesuatu yang dapat memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam memperoleh sejumlah informasi, pengetahuan, dan ketrampilan, dalam proses belajar mengajar. Sumber belajar pada garis besarnya dapat dikelompokkan sebagai berikut : 1. manusia, 2. bahan, 3. lingkungan, 4. alat dan peralatan, 5. aktifitas”.

2. Dana yang kurang menunjang


3. Media belajar yang sangat terbatas

7
MERUMUSKAN JUDUL PENELITIAN
1. STUDI KORELASI SUMBER BELAJAR TERHADAP DISIPLIN (KETEPATAN MENGUMPULKAN TUGAS MATA KULIAH FIQIH KELUARGA) MAHASISWA KELAS TB.E JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STAIN P TAHUN AKADEMIK 2007/ 2008


Sumber :
http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/05/cara-membuat-judul-skripsi-pencarian.html



.

MATERI TERKAIT:

Judul: CARA MEMBUAT JUDUL SKRIPSI : PENCARIAN JUDUL PENELITIAN KUANTITATIF (KN)
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh : rudi harianto
Terima kasih, Anda telah berkunjung di blog ini dan membaca makalah CARA MEMBUAT JUDUL SKRIPSI : PENCARIAN JUDUL PENELITIAN KUANTITATIF (KN). Jika ingin menyalin harap ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri atau menyertakan link URL ini : http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/05/cara-membuat-judul-skripsi-pencarian.html, Terima kasih atas perhatiannya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger